Tingkatkan Kepercayaan Konsumen, Pelaku Usaha Wajib Tahu Uji Lab Health and Life Science

Tingkatkan Kepercayaan Konsumen, Pelaku Usaha Wajib Tahu Uji Lab Health and Life Science

Travel | inews | Sabtu, 27 April 2024 - 16:05
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagai pelaku usaha, menjaga kepercayaan konsumen menjadi hal penting di dunia usaha. Maka itu, pelaku usaha wajib melakukan pengujian terhadap produk yang dipasarkan ke masyarakat.

Adapun salah satu pengujian yang harus dimiliki pelaku usaha selain Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah pengujian health and life science.

Biasanya, pengujian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Dalam industri seperti makanan dan farmasi, pengujian health and life memberikan jaminan kepada konsumen, produk tersebut aman dan berkualitas. Ini meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap merek atau perusahaan.

Jobi Triananda selaku Direktur Utama PT Sucofindo mengatakan, saat ini dia tengah mengembangkan layanan untuk pengujian health and life science, pengujian untuk mendukung ekosistem electric vehicle (EV), biomassa, lingkungan, energi baru dan terbarukan.

"Pengembangan ini sejalan dengan komitmen IDSurvey dalam pemenuhan standar tertinggi untuk jasa pemastian, serta mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emissions (NZE), kata Jobi Triananda melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut Jobi, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, khusus di laboratorium PT Sucofindo mampu melakukan pengujian halal, kimia, minyak dan gas, mineral dan batu bara, lingkungan, kalibrasi, dan Teknik. "Selanjutnya tengah mengembangkan kapasitas dan kapabilitas untuk laboratorium pengujian, yang mendukung regulasi dalam upaya pengurangan emisi," kata dia.

Perlu diketahui, belum lama ini Wakil Menteri BUMN (Wamen BUMN) Kartiko Wirjoatmojo, saat kunjungan ke salah satu fasilitas laboratorium sentral IDSurvey milik PT Sucofindo di Cibitung mengatakan, penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan penggunaan atau konsumsi produk yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) demi keamanan dan keselamatan konsumen.

"Kami mengapresiasi IDSurvey yang berperan dalam memastikan standar dan menjaga compliance produk terhadap SNI melalui layanan pengujian, survei, dan sertifikasinya," katanya.

"Laboratorium Pengujian IDSurvey, saat ini telah terakreditasi ISO 17025 dan sebagai Lembaga inspeksi telah terakreditasi ISO 17020, selain itu juga didukung oleh peralatan dan sumber daya berstandar internasional. Dan kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas laboratorium lainnya, sebagai upaya bersama mendukung pelaku usaha," kata Ketua Holding IDSurvey, Arisudono Soerono.

Selanjutnya, IDSurvey, selaku BUMN Jasa Survei, optimistis konsisten mendukung upaya perlindungan konsumen melalui kegiatan pemastian, di antaranya dengan pengujian dan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk berbagai produk konsumen, serta mendukung pelaku usaha dalam upaya keberlanjutan lingkungan dan mengurangi emisi karbon. Kami siap sebagai mitra strategis untuk konsisten menjaga kualitas serta adaptif memenuhi kebutuhan pelaku usaha melalui layanan IDSurvey," tutur Arisudono.

Topik Menarik