Kampung Unik di Gresik Punya Pemandangan Batuan Kapur Cantik Mirip Kastil

Kampung Unik di Gresik Punya Pemandangan Batuan Kapur Cantik Mirip Kastil

Travel | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 12:43
share

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Gresik sangat menarik untuk dijelajahi. Terutama jika singgah ke salah satu desa kecilnya di Kecamatan Ujungpangkah pasti akan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan batuan kapur yang bentuknya mirip kastil. Tempat tersebut bernama Bukit Kapur Sekapuk Setigi berlokasi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Ya, pariwisata Gresik di Jawa Timur memang belum terlalu populer layaknya Bali dan Lombok. Tetapi, ketika ditelusuri lebih jauh, Anda akan menemukan banyak objek wisata eksotis.

Salah satu objek wisata eksotis di Gresik yang mampu memikat wisatawan adalah Bukit Kapur Sekapuk. Bukit kapur berwarna putih ini terlihat mirip dengan kastil.

Bahkan, Anda seolah sedang berada di peradaban Yunani. Bentuk bebatuannya memiliki lekukan, berlubang, hingga lorong. Di beberapa bagiannya, ditumbuhi rumput liar. Lekukan pada bebatuan kapur yang indah itu adalah bekas aktivitas penggalian yang dilakukan penambang selama bertahun-tahun.

"Bukit Kapur Sekapuk terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik. Kamu bisa mengambil Jalan Pantura Lamongan atau Jalan Pantura Gresik menuju Ujung Pangkah untuk mencapai lokasi ini. Begitu sampai, kamu akan melihat barisan bukit kapur masif dan panjang. Bukit-bukit kapur ini memang menjulang hingga Desa Cangaan atau sekitar 3 km. Bebatuan berwarna putih itu niscaya akan membuatmu merasa kecil. Banyak yang menyebut keindahan bukit ini mirip dengan kastil yang ada di Yunani," tulis Instagram @ayodolan.

Berada di sini, Anda akan melihat di bagian tengah-tengah barisan tebing, terdapat cekungan cukup dalam sehingga tampak seperti kolam. Spot ini sering menjadi objek foto wisatawan.

Tebing dan lorong bukit yang ada di areal sepanjang 2-3 km itu menyajikan pemandangan indah. Tidak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk berswafoto.

Nama Sekapuk berasal dari nama desa tempat wisata ini berada, yaitu Desa Sekapuk. Desa ini memiliki areal penambangan kapur yang biasa disebut Bukit Kapur. Jadilah namanya disebut Bukit Kapur Sekapuk.

Awalnya, bukit kapur di daerah ini tidak berbeda dengan kebanyakan bukit kapur pada umumnya. Namun belakangan, setelah digali sejak 1950, areal penambangan berubah menjadi bukit dengan kontur tanah berlapis-lapis, dengan rongga-rongga unik.

Jika datang dari arah timur, rute yang diambil adalah menuju Kota Gresik. Dilanjutkan dengan memilih arah jalur Pantura Lamongan dan diteruskan ke Kecamatan Ujung Pangkah dan sampai Desa Sekapuk.

Dari sini, Anda bisa langsung ke Gunung Kapur Sekapuk. Jika datang dari arah barat, bisa mengambil jalur ke Lamongan, Paciran, jalur Pantura Gresik, Ujung Pangkah, Desa Selapuk dan menuju Gunung Kapur Sekapuk.

Topik Menarik