Aksi Militer atau Sanksi pada Iran Bisa Jadi Bumerang bagi AS dan Sekutu Barat

Aksi Militer atau Sanksi pada Iran Bisa Jadi Bumerang bagi AS dan Sekutu Barat

Global | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 06:53
share

Pengamat pasar memperingatkan harga minyak bisa melonjak jika perselisihan terbaru antara Israel dan Iran berubah menjadi konflik regional yang lebih luas.

Jika pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjatuhkan sanksi baru terhadap ekspor minyak Iran, hal ini juga dapat menyebabkan harga minyak menjadi lebih tinggi, menurut para pengamat.

Menjelang serangan balasan Iran terhadap Israel, harga minyak melonjak, namun sedikit menurun setelah serangan Teheran. Pada hari Senin, Brent turun 0,9, sementara West Texas Intermediate (WTI) turun 0,8.

“Dampak serangan Iran terhadap harga minyak hampir tidak terlihat karena alasan sederhana yaitu aliran minyak dari kawasan Teluk tidak terganggu,” jelas Dr Mamdouh G Salameh, ekonom minyak internasional dan pakar energi global ke Sputnik.

Dia menjelaskan, “Namun hal ini bisa berubah jika Israel melakukan pembalasan, sehingga mendorong Iran membalas dengan pembalasan yang lebih keras yang dapat menyebabkan gangguan pengiriman minyak melalui Selat Hormuz.”

Minyak Mentah Brent saat ini diperdagangkan sekitar USD90 per barel, namun Salameh memperkirakan kita harus bersiap menghadapi potensi kenaikan dalam waktu dekat.

Dia memperkirakan Brent akan berfluktuasi antara USD90 dan USD100 per barel sepanjang tahun. Namun, pakar tersebut memperingatkan jika terjadi peningkatan ketegangan antara Israel dan Iran, harga minyak bisa melampaui USD100 dan bahkan mencapai USD120 per barel.

“Iran tidak punya pilihan selain membalas serangan Israel terhadap Konsulatnya di Damaskus, Suriah yang menewaskan dua komandan tinggi Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) atau Iran akan kehilangan muka di dunia dan digambarkan sebagai macan kertas,” papar Salameh.

“Selain itu, Iran memperingatkan Israel untuk tidak membalas dan mereka akan mendapat respons yang lebih keras jika melakukan hal tersebut. Saya yakin Israel akan merespons dengan satu atau lain cara, namun tidak dalam waktu dekat. Jadi kita sekarang berada dalam kondisi tenang sebelum badai ini. Israel mendapat tekanan besar dari Amerika Serikat dan sekutunya untuk tidak menanggapinya,” lanjut pakar tersebut.

Baca juga: AS Siapkan Sanksi Baru untuk Iran terkait Serangan ke Israel

Pemerintahan Biden tidak ingin meningkatnya ketegangan antara kedua musuh bebuyutan tersebut yang berpotensi mengarah pada blokade Selat Hormuz.

Jalur perairan ini dikenal sebagai salah satu jalur minyak paling penting di dunia, dengan kapal tanker yang mengangkut sekitar 17 juta barel minyak mentah melalui jalur tersebut setiap hari, yang merupakan seperlima dari total konsumsi dunia.

Jika selat itu diblokir, kemungkinan besar harga minyak dunia akan melonjak, yang mengakibatkan semakin banyak penderitaan bagi konsumen Amerika tepat sebelum pemilu presiden AS tahun 2024.

“Namun, pemerintahan Biden telah mengisyaratkan akan menjatuhkan sanksi tambahan terhadap ekspor minyak mentah Iran, khususnya ke China,” ujar Salameh.

“Akibatnya, AS juga dapat memutuskan memberlakukan pembatasan pada organisasi keuangan dan bank China yang diduga terlibat dalam pembelian minyak mentah Iran oleh China,” jelas analis minyak tersebut.

Axios melaporkan pada Selasa bahwa Menteri Keuangan Janet Yellen sedang mempersiapkan "sanksi baru" untuk Iran.

Outlet media tersebut mencatat Yellen kemungkinan akan memaksa para menteri keuangan negara-negara Barat pada pertemuan tahunan IMF musim semi pekan ini untuk berkoordinasi mengenai kemungkinan tindakan bersama terhadap Teheran.

Anggota kongres Amerika juga tidak tinggal diam. Menurut Bloomberg, anggota parlemen DPR mendorong penerapan Undang-Undang Sanksi Energi Iran-China tahun 2023, yang mempertimbangkan pengetatan ekspor minyak Iran dan pembelian minyak mentah atau produk minyak bumi oleh China dari Republik Islam.

Anggota parlemen AS menyatakan kemarahannya terhadap fakta bahwa ekspor minyak Iran telah mencapai angka tertinggi dalam empat tahun terakhir, yaitu 1,5 juta barel per hari pada tahun ini. Sekitar 80 minyak mentah Iran dikirim ke penyulingan independen China.

“Sebenarnya sanksi tambahan apa pun terhadap Iran tidak akan lebih baik dibandingkan sanksi yang sudah ada,” ujar Salameh.

Membatasi ekspor minyak Iran mungkin menjadi bumerang bagi pemerintahan Biden. Dengan tidak adanya pengganti segera atas minyak Iran yang mungkin hilang, terutama karena anggota OPEC+ telah memutuskan untuk terus mengurangi produksi dan ekspor untuk sementara waktu, hal ini mungkin akan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap pasar.

Selain itu, perekonomian China yang bullish dan permintaan energi yang tinggi hanya memperburuk situasi ini, karena setiap penurunan pasokan minyak kemungkinan besar akan menyebabkan lonjakan harga secara tiba-tiba.

Para ahli memperingatkan karena China adalah salah satu konsumen terbesar minyak mentah Iran, mereka tidak punya pilihan selain bersaing ketat untuk mendapatkan minyak dari sumber lain jika ekspor Iran terhambat. Hal ini berpotensi menyebabkan ketidakstabilan lebih lanjut di pasar minyak global.

“Faktor China mendapat dorongan besar kemarin ketika diumumkan bahwa ekonomi Tiongkok tumbuh sebesar 5,3 pada kuartal pertama tahun 2024, mengalahkan proyeksi mereka sendiri sebesar 5,0,” papar Salameh. “Faktor yang sangat bullish ini akan menambah sentimen bullish terhadap permintaan minyak global yang didukung fundamental yang kuat, permintaan yang kuat, dan pasar yang semakin ketat."

Terlepas dari semua upaya yang dilakukan, pemerintahan Biden kemungkinan besar tidak akan mengambil tindakan signifikan terhadap Iran, menurut Michael Rothman, presiden dan pendiri Cornerstone Analytics, konsultan berbasis di AS yang berfokus pada penelitian energi makro.

“Bagi saya, kemungkinan ini hampir nol mengingat Pemerintahan Biden sebenarnya telah melonggarkan langkah-langkah kepatuhan AS terhadap sanksi yang ada terhadap Iran yang, pada kenyataannya, memungkinkan ekspor minyak negara tersebut meningkat selama setahun terakhir,” ungkap Rothman kepada Sputnik.

Potensi permasalahan lain yang dapat timbul akibat kenaikan harga minyak adalah risiko peningkatan inflasi.

Hal ini, pada gilirannya, dapat menghambat pertumbuhan ekonomi di negara-negara Barat dan mengakibatkan tertundanya penurunan suku bunga oleh bank sentral negara-negara Barat.

Dalam situasi seperti ini, tindakan militer atau ekonomi apa pun yang dilakukan Israel atau negara-negara NATO terhadap Iran akan penuh dengan risiko besar.

Topik Menarik