Heboh Posting Al-Qur'an sebagai Dalih Menduduki Palestina, Ini Jawaban Israel

Heboh Posting Al-Qur'an sebagai Dalih Menduduki Palestina, Ini Jawaban Israel

Global | sindonews | Selasa, 26 Maret 2024 - 07:55
share

Kedutaan Besar Israel di Singapura telah mengunggah posting-an yang mencatut Al-Qur'an sebagai dalih pembenaran dalam mendirikan negara pendudukan di atas tanah Palestina.

Pihak berwenang Singapura langsung memerintahkan kedutaan tersebut untuk menghapus posting-an di halaman Facebook-nya.

Posting-an tersebut, yang diterbitkan pada 24 Maret dan dihapus pada hari yang sama, menyatakan: "Israel disebutkan 43 kali dalam Al-Quran. Di sisi lain, Palestina tidak disebutkan satu kali pun.”

Posting-an tersebut selanjutnya mengatakan bahwa bukti arkeologi seperti peta, dokumen, dan koin menunjukkan bahwa orang Yahudi adalah penduduk asli tanah tersebut.

Baca Juga: Mengapa Singapura Minta Kedutaan Israel Hapus Postingan tentang Palestina?

Namun, Menteri Hukum dan Dalam Negeri Singapura K. Shanmugam mencapnya sebagai “upaya luar biasa untuk menulis ulang sejarah".

"Posting-an tersebut tidak peka, tidak pantas, dan sama sekali tidak dapat diterima," katanya.

Sebab, kata dia, posting-an tersebut mengandung risiko merusak keselamatan, keamanan dan keharmonisan di negara Asia Tenggara.

Berbicara kepada Strait Times, Senin (25/3/2024), Shanmugam mengatakan Kementerian Dalam Negeri telah berbicara dengan Kementerian Luar Negeri dan mengatakan Kedutaan Israel harus segera menghapus posting-an tersebut.

“Kami meminta mereka untuk menghapusnya karena potensi konsekuensinya bagi berbagai komunitas di Singapura,” katanya.

“Adalah salah jika kita secara selektif menunjuk pada teks-teks keagamaan, untuk mengemukakan pendapat yang bersifat politis. Yang lebih buruk lagi, dalam situasi saat ini, Kedutaan Israel menggunakan Al-Quran untuk tujuan ini,” imbuh dia.

Menurut Strait Times, mengutip juru bicara Kedutaan Israel, posting-an tersebut dipasang tanpa persetujuan yang diperlukan dan orang yang bertanggung jawab telah dihukum.

“Kedutaan Besar Israel menghormati kerukunan beragama dan ras di Singapura-–kami telah mengambil tindakan terhadap orang terkait,” katanya.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan juga mengecam posting-an tersebut, dengan menyatakan: “Sangat tidak pantas merujuk pada teks suci untuk menyampaikan poin politik. Kami telah menjelaskan hal ini kepada kedutaan, yang kemudian menghapus postingan tersebut.”

Meskipun Al-Quran menyebutkan “Israel” sebanyak 43 kali, referensi ini tidak berkaitan dengan negara Israel modern. Sebaliknya, dalil-dalil tersebut terutama merujuk pada Bani Israel, keturunan Nabi Yakub, yang juga dikenal sebagai Israel.

Al-Qur'an sering kali ditujukan kepada Bani Israel untuk mengingatkan mereka akan cobaan dan pelanggaran mereka, nabi-nabi terdahulu yang diutus kepada mereka, dan hubungan mereka dengan Tuhan yang melimpahkan banyak nikmat kepada mereka.

Meskipun istilah "Palestina” tidak disebutkan secara eksplisit dalam Al-Quran, wilayah yang mencakup wilayah Palestina yang diduduki rezim Zionis saat ini secara tidak langsung disebutkan melalui narasi para nabi dalam Al-Quran dan peristiwa-peristiwa yang terkait dengan wilayah tersebut, termasuk Perjalanan Malam ke Yerusalem (Isra Mikraj).

Topik Menarik