Tentara Israel Dijebak Hamas di Gaza Utara, Dihujani Mortir dan Roket

Tentara Israel Dijebak Hamas di Gaza Utara, Dihujani Mortir dan Roket

Global | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 18:30
share

Pasukan Israel di Gaza utara mendapat serangan mortir dan roket Palestina karena dijebak oleh Hamas setidaknya empat kali selama periode pemantauan antara Kamis dan Jumat. Itu diungkapkan laporan Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP).

Koridor Netzarim – jalan raya militer yang dibangun oleh Israel untuk membelah Jalur Gaza dari utara dan selatan – kembali menjadi tempat serangan Palestina dengan pejuang Hamas mengerahkan platform peluncur multi-roket “Rajum” terhadap pasukan Israel yang dikerahkan di jalur militer tersebut.

Melansir Al Jazeera, pejuang Hamas juga meluncurkan roket ke arah Israel pada hari Kamis yang menargetkan daerah Nirim, yang terletak sekitar 7 km (lebih dari 4 mil) sebelah timur Khan Younis di Jalur Gaza.

Baca Juga: 4 Alasan Israel dan Sekutunya Takut dengan Status Buron dari ICC?

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah memperingatkan Israel – sekali lagi – untuk tidak melancarkan serangan darat ke kota Rafah di mana sekitar 1,5 juta orang kini berdesakan setelah melarikan diri dari serangan Israel di seluruh wilayah lain di Jalur Gaza.

Blinken mengatakan Israel belum menyampaikan rencana untuk melindungi warga sipil selama operasi darat yang dijanjikan terhadap kota di Gaza selatan.

“Jika tidak ada rencana seperti itu, kami tidak dapat mendukung operasi militer besar-besaran di Rafah karena kerusakan yang ditimbulkannya melebihi apa yang dapat diterima,” kata Blinken kepada Forum Sedona McCain Institute di Arizona pada hari Jumat, kantor berita AFP melaporkan.

Meskipun ada kekhawatiran internasional mengenai jatuhnya korban sipil, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk mengirim pasukan Israel untuk menyerang Rafah guna membasmi pejuang Hamas.

Topik Menarik