6 Alasan Presiden Suriah Bashar al-Assad Memilih Diam saat Timur Tengah Bergejolak

6 Alasan Presiden Suriah Bashar al-Assad Memilih Diam saat Timur Tengah Bergejolak

Global | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 17:55
share

Perang Iran dan Israel berkecamuk saat Teheran mengirimkan 300 drone dan rudalnya ke wilayah Zionis. Perang Gaza juga masih terus berlanjut. Tapi, Presiden Suriah Bashar al-Assad justru lebih banyak berdiam diri dan jarang bersuara.

Walaupun Suriah menghindari keterlibatan dalam perang Gaza, kata para ahli, meskipun ada serangan terhadap gedung dekat konsulat Iran di Damaskus, yang disalahkan pada Israel, yang mengancam akan memicu kebakaran regional.

6 Alasan Presiden Suriah Bashar al-Assad Memilih Diam saat Timur Tengah Bergejolak

1. Mencoba Menjadi Penyeimbang

Foto/AP

Pemerintahan Presiden Suriah Bashar Assad berusaha untuk melakukan tindakan penyeimbang yang rumit antara Rusia dan Iran, yang telah menopang negara tersebut selama 13 tahun perang saudara dan membantunya merebut kembali wilayah yang hilang.

Suriah adalah bagian dari apa yang disebut Poros Perlawanan sebuah aliansi kelompok yang didukung Iran yang telah melancarkan serangan terhadap Israel atau dugaan aset-asetnya sejak Oktober.

Namun sekutu utamanya lainnya, Rusia, mempertahankan hubungan diplomatik dengan Israel dan mendorong stabilitas di selatan Suriah, yang berbatasan dengan Dataran Tinggi Golan.

Israel dengan jelas memperingatkan Assad bahwa jika Suriah digunakan untuk melawan mereka, mereka akan menghancurkan rezimnya, kata seorang diplomat Barat yang tidak mau disebutkan namanya karena dia tidak diizinkan berbicara kepada media, dilansir Times of Israel.

Beberapa bulan terakhir telah terjadi serangkaian serangan terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah, yang secara luas disalahkan pada Israel, yang berpuncak pada serangan udara tanggal 1 April yang meratakan sebuah gedung di sebelah konsulat Teheran di Damaskus dan menewaskan tujuh komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran, dua di antaranya adalah jenderal.

Serangan itu mendorong Iran untuk melancarkan serangan rudal dan drone langsung pertama kalinya terhadap Israel pada 13-14 April yang meningkatkan ketegangan regional.

Serangan tersebut juga mendorong Iran untuk mengurangi jejak militernya di seluruh Suriah selatan, terutama di wilayah yang berbatasan dengan Golan, kata sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah dan pemantau perang kepada AFP.

3. Ditekan Rusia dan Uni Emirat Arab untuk Menjauhi Konflik

Rusia dan Uni Emirat Arab telah mendesak (Assad) untuk menjauhi konflik, kata Andrew Tabler dari Washington Institute.

Tahun lalu, Suriah kembali bergabung dengan Arab, mengupayakan hubungan yang lebih baik dengan negara-negara Teluk yang kaya, dengan harapan mereka dapat membantu mendanai rekonstruksi meskipun sanksi Barat kemungkinan akan menghalangi investasi.

Pada tahun 2018, Uni Emirat Arab menjalin kembali hubungan dengan Suriah, dan memimpin upaya untuk mengintegrasikan kembali Damaskus.

Suriah tampaknya mengindahkan seruan Rusia dan UEA, dan perbatasannya dengan Dataran Tinggi Golan tetap relatif tenang meskipun ada beberapa serangan yang dilancarkan oleh kelompok sekutu Hizbullah.

4. Hanya Mencoba Menyerang Israel dalam Skala Kecil

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang memantau perang, sebuah badan pengawas yang berbasis di Inggris yang tidak jelas pendanaannya, mengatakan bahwa sejak dimulainya perang Gaza, hanya 26 serangan roket dari Suriah yang menargetkan Dataran Tinggi Golan.

5. Ingin Mendapatkan Kompensasi

Foto/AP

"Sebagian besar mendarat di wilayah terbuka, yang dibaca di Washington dan di tempat lain sebagai semacam kode bahwa Presiden Suriah Bashar Assad ingin menghindari konflik Gaza, kata Tabler.

Assad berharap negara-negara Arab dan Barat akan memberikan kompensasi atas sikapnya yang menahan diri, dan Rusia mendorongnya ke arah ini, katanya.

Awal bulan ini, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya telah membentuk posisi tambahan di Golan bagian Suriah, untuk memantau gencatan senjata dan mendorong deeskalasi.

Meskipun demonstrasi besar-besaran dalam solidaritas dengan warga Palestina di Gaza terjadi di beberapa ibu kota Arab, Damaskus hanya menyaksikan segelintir demonstrasi kecil pro-Palestina, kata para saksi mata.

6. Memiliki Hubungan Buruk dengan Hamas

Suriah memiliki hubungan yang buruk dengan Hamas, yang serangan gencarnya pada 7 Oktober di Israel selatan memicu perang, dimana pejuang Hamas membunuh sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 orang, sebagian besar warga sipil, banyak di antaranya di tengah tindakan brutal dan kekerasan seksual.

Hamas dan Assad berdamai pada tahun 2022, satu dekade setelah kelompok Palestina, yang telah lama bersekutu dengan Damaskus, memutuskan hubungan karena penindasan yang mereka lakukan terhadap protes yang sebagian besar berasal dari Sunni yang memicu perang saudara di Suriah.

Hamas berasal dari aliran ideologi yang sama dengan Ikhwanul Muslimin, sebuah kelompok Islam Sunni yang berasal dari Mesir, yang dianggap teroris oleh Suriah.

Rezim membenci Hamas dan tidak memiliki keinginan untuk mendukung Ikhwanul Muslimin, yang kemenangannya hanya akan memperkuat teman-teman mereka di Suriah, kata diplomat tersebut.

Tahun lalu Hamas mengumumkan pembukaan halaman baru dengan pemerintah Suriah, namun Assad merasa masih terlalu dini untuk membicarakan kembalinya keadaan normal.

Topik Menarik