5 Alasan Rumah Sakit di China Menutup Layanan Persalinan

5 Alasan Rumah Sakit di China Menutup Layanan Persalinan

Global | sindonews | Senin, 25 Maret 2024 - 20:40
share

Rumah Sakit di China menutup layanan persalinan. Padahal, China memiliki 1,4 miliar penduduk ternyata mengalami musim dingin kelahiran. China mengalami penurunan populasi dalam dua tahun berturut-turut.

Penutupan bangsal bersalin disamakan dengan musim dingin obstetri di China. Sementara kekhawatiran masyarakat terhadap penutupan tersebut telah mendorong pihak berwenang untuk menghapus topik pencarian terkait masalah tersebut dari media sosial China.

Namun bungkamnya kekhawatiran masyarakat tidak menghentikan rumah sakit di China untuk menutup bangsal bersalin mereka.

Perekonomian China sedang mengalami kesulitan dan ketika generasi muda menjauhi pernikahan tradisional dan memiliki anak, prospek untuk menghidupkan kembali pertumbuhan populasi di China tampak suram.

5 Alasan Rumah Sakit di China Menutup Layanan Persalinan

1. Makin Sedikit Perempuan China Memiliki Anak

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Biro Statistik Nasional China mengumumkan pada bulan Februari bahwa populasi negara tersebut mengalami penurunan selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2023 turun sebesar 2,08 juta menjadi 1,409 miliar.

Penurunan tahun lalu jauh lebih besar dibandingkan penurunan yang tercatat pada tahun 2022 sebesar 850.000 jiwa, yang menandai pertama kalinya populasi China berkurang sejak tahun 1961 tahun Kelaparan Besar di bawah kepemimpinan Mao Zedong.

Angka pada tahun 2023 juga menunjukkan bahwa kelahiran baru turun 5,7 persen menjadi 9,02 juta dan angka kelahiran di negara ini juga mencapai titik terendah baru yaitu 6,39 kelahiran per 1.000 orang, turun dari angka tahun 2022 sebesar 6,77 kelahiran per 1.000 orang.

Angka kelahiran di China telah menurun sejak diberlakukannya kebijakan ketat satu anak bagi keluarga pada tahun 1980 di tengah kekhawatiran akan peningkatan populasi yang pesat. Di tengah penurunan populasi yang sama tajamnya, pemerintah China mengubah kebijakannya pada tahun 2015, mengizinkan pasangan untuk memiliki dua anak, dan kemudian tiga anak pada tahun 2021.

Namun mengizinkan pasangan untuk memiliki lebih banyak anak tidak membuat mereka lebih memilih untuk memiliki anak.

Beberapa penjelasan telah diberikan mengenai alasan masyarakat China tampaknya tidak ingin memiliki lebih banyak anak, termasuk: Efektivitas pesan pemerintah selama puluhan tahun mengenai manfaat membatasi jumlah anggota keluarga menjadi satu anak saja. Biaya ekonomi yang terkait dengan memiliki anak di China pengasuhan anak, pendidikan, layanan kesehatan dan dampaknya terhadap karier generasi muda setelah berkeluarga.

China belum mempublikasikan angka resmi mengenai penutupan yang dilaporkan.

Kantor berita Reuters melaporkan minggu ini bahwa banyak rumah sakit di China telah berhenti menawarkan layanan kebidanan tahun ini.

Reuters melaporkan, data dari Komisi Kesehatan Nasional China menunjukkan fenomena tersebut tidak seperti yang diharapkan hari ini. Antara tahun 2020 dan 2021, jumlah rumah sakit bersalin turun dari 807 menjadi 793.

Musim dingin kebidanan tampaknya akan datang dengan tenang, lapor media Daily Economic News pada pekan lalu. Namun, peringatan ini sudah terdengar lebih lama dibandingkan para ahli medis China dan laporan media.

Pada bulan September, The Paper sebuah organisasi media digital milik pemerintah yang berbasis di Shanghai menerbitkan laporan panjang lebar tentang penutupan departemen kebidanan, termasuk di kota Ningbo dan Wenzhou di provinsi Zhejiang, provinsi Jiangsu, wilayah Guangxi, dan kota Guangzhou di Provinsi Guangdong.

Banyak rumah sakit di Guangdong juga telah menyesuaikan layanan kebidanan dan ginekologi mereka, menurut The Paper, seperti pengurangan jam kerja, termasuk tidak adanya jaminan kesehatan dalam semalam, dan pengurangan layanan yang dapat diberikan di waktu lain.

3. Beban Rumah Sakit Makin Besar

Foto/Reuters

Dalam sebuah opini yang diterbitkan oleh China Business News pada bulan Februari, Profesor Deng Yong dari Universitas Pengobatan China Beijing, dan Wang Chongyu, juga dari universitas yang sama, memperingatkan terhadap penghapusan cepat departemen pediatrik dan ginekologi di China.

Alasan di balik fenomena ini dan masalah sosial dan medis yang terungkap perlu segera didiskusikan dan diselesaikan oleh semua sektor, tulis mereka dalam analisis panjang lebar mengenai situasi yang sedang terjadi dan argumen mereka untuk menjaga departemen kebidanan tetap buka.

Menurut laporan media, departemen kebidanan di seluruh negeri sedang mengalami musim dingin dan jumlah bayi baru lahir terus menurun, kata mereka.

Meskipun penghapusan rumah sakit anak dan rumah sakit ibu dan anak tampaknya telah menjadi tren umum, penghapusan rumah sakit secara cepat akan berdampak pada penyediaan layanan medis dasar bagi masyarakat, meningkatkan beban sumber daya rumah sakit, dan memicu serangkaian masalah sosial, mereka melanjutkan.

Jika rumah sakit anak, ibu dan anak tidak cukup untuk menyediakan layanan medis, ibu hamil dan bayi tidak akan dapat menerima perawatan medis profesional, dan konsekuensinya akan menjadi bencana.

4. Orientasi Perempuan China yang Berubah

Foto/Reuters

Stuart Gietel-Basten, profesor ilmu sosial di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong dan pakar kebijakan kependudukan, mengatakan perubahan demografi China tercermin dalam sektor kesehatan.

"Mengapa kesuburan masih sangat rendah di China adalah masalah yang umum terjadi pada perempuan di seluruh dunia," kata Gietel-Basten kepada Al Jazeera.

Apa yang perlu kita lakukan adalah menyadari tantangan mendasar dalam memulai kehidupan bagi kaum muda di Tiongkok, dan di banyak belahan dunia lainnya, dalam hal biaya perumahan, pekerjaan yang layak, dan lapangan kerja yang stabil, katanya.

Menurut Gietel-Basten, perempuan muda di China menghadapi banyak sekali risiko terhadap karier dan kesejahteraan ekonomi mereka karena berkeluarga, belum lagi beban perawatan yang tidak merata di rumah karena perempuan harus mengurus anak, orang tua, dan orang tua.

Kerugian yang harus ditanggung perempuan dalam hal risiko ekonomi, dan juga risiko untuk mendapatkan jenis kehidupan yang mereka inginkan, dan harapkan, sangatlah besar, katanya.

5. Banyak Orang China Malas Menikah

Foto/Reuters

Jumlah orang yang menikah di China turun dari sekitar 13,5 juta pasangan setiap tahunnya pada tahun 2013 menjadi sekitar 6,8 juta pada tahun 2022.

Data menunjukkan bahwa masyarakat China juga terlambat menikah, angka perceraian meningkat, dan jumlah orang yang memilih untuk tetap melajang semakin meningkat.

Agnes Chen, 34, seorang pemilik bisnis di Shanghai, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia tidak terkejut dengan hal ini di departemen kebidanan mulai berkurang di seluruh China.

Sekarang bukan saat yang tepat untuk punya anak. Perekonomian sedang tidak bagus, dan banyak anak muda yang kesulitan dan mempunyai prioritas lain, ujarnya. Bahkan pasangan yang saya kenal yang ingin punya anak malah menunggu saat yang lebih baik.

Lisa Ming, 28, seorang perawat ahli anestesi di Shenzhen, mengatakan dia sering berdiskusi untuk memulai sebuah keluarga dengan suaminya setelah mereka menikah tahun lalu.

Tapi kami tidak punya banyak uang saat ini jadi kami memutuskan untuk menunggu dan melihat apa yang terjadi, dan apa yang kami inginkan di masa depan, katanya kepada Al Jazeera.

Kami harus bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan bayi, dan kami tidak ingin lebih banyak stres dan tekanan saat ini. Hidup bukan sekedar berkeluarga, kualitas hidup juga penting, ujarnya.

Jadi untuk saat ini, kami hanya punya kucing.

Topik Menarik