Pecah Rekor, Politisi Muslim Sadiq Khan Menang Pemilihan Wali Kota London untuk Ketiga Kalinya

Pecah Rekor, Politisi Muslim Sadiq Khan Menang Pemilihan Wali Kota London untuk Ketiga Kalinya

Global | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 09:04
share

Sadiq Khan, seorang politisi Muslim, pada hari Sabtu terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga sebagai Wali Kota London. Dia mengalahkan rekor pendahulunya; Boris Johnson, sebagai pemimpin terlama Ibu Kota Inggris tersebut.

Politisi Partai Buruh berusia 53 tahun itu—mantan pengacara hak asasi manusia (HAM) yang dibesarkan di kompleks perumahan umum di London—dengan mudah mengalahkan rivalnya dari Partai Konservatif Susan Hall.

Sebagai Wali Kota London, Khan memiliki kekuasaan atas layanan darurat, transportasi, dan perencanaan di kota berpenduduk hampir sembilan juta jiwa itu.

Menurut AFP, Minggu (5/5/2024), kemenangan ini melanjutkan perjalanan luar biasa bagi putra sopir bus imigran Pakistan, yang menjadi wali kota Muslim pertama di Ibu Kota Inggris ketika pertama kali terpilih pada tahun 2016.

Baca Juga: Meski Tertinggal, Inggris Ikut-ikutan Terlibat Perlombaan Rudal Hipersonik

Sebagai wali kota, Khan terkenal sebagai kritikus vokal terhadap Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) dan perdana menteri dari Partai Konservatif berturut-turut, termasuk Boris Johnson, serta perseteruannya dengan mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Khan dan Trump pernah terlibat dalam perang kata-kata yang luar biasa setelah Khan mengkritik larangan perjalanan oleh Trump terhadap orang-orang dari negara-negara Muslim tertentu ke Amerika Serikat.

Trump kemudian menuduh Khan melakukan "pekerjaan yang sangat buruk dalam menangani terorisme" dan menyebutnya sebagai "pecundang yang kejam" dan "aib nasional".

Wali kota itu kemudian mengizinkan balon udara berwajah Trump yang berpakaian seperti bayi dalam popok terbang dalam protes di Lapangan Parlemen selama kunjungan Trump pada tahun 2018 ke Inggris.

“Dia pernah menyebut saya pecundang. Hanya satu dari kita yang menjadi pecundang, dan itu bukan saya,” kata Khan kepada AFP selama kampanyenya pada tahun 2021.

Serangan Pisau

Namun masa jabatan Khan bukannya tanpa kontroversi, terutama terkait perluasan Zona Emisi Ultra-Rendah tahun lalu menjadi skema pembebanan polusi terbesar di dunia.

Jumlah korban harian akibat kendaraan yang paling berpolusi memicu reaksi keras di wilayah luar London Raya, dengan kemarahan terhadap beban keuangan tambahan selama krisis biaya hidup.

Khan juga dikritik karena gagal mengatasi tingkat serangan pisau yang tinggi dan sejak tahun lalu, penanganannya terhadap protes mingguan besar-besaran pro-Palestina.

Lahir di London pada tahun 1970 dari orang tua yang baru saja tiba dari Pakistan, Khan adalah anak kelima dari tujuh bersaudara laki-laki dan satu saudara perempuan.

Dia dibesarkan di perumahan umum di Tooting, kawasan pemukiman campuran etnis di London selatan, dan tidur di ranjang susun sampai dia berusia 24 tahun.

Latar belakangnya yang sederhana berperan baik di kota yang bangga dengan keberagamannya dan menyukai kisah sukses yang dibuat sendiri.

Khan masih ingat bagaimana ayahnya mengemudikan salah satu bus merah terkenal di London, dan ibunya adalah seorang penjahit.

Dia adalah petinju yang andal, mempelajari olahraga ini untuk membela diri di jalanan melawan orang-orang yang melontarkan pelecehan rasis kepadanya, dan dua saudara laki-lakinya adalah pelatih tinju.

Dia awalnya ingin menjadi seorang dokter gigi, tetapi seorang guru melihat bakatnya dalam perdebatan verbal dan mengarahkannya ke bidang hukum.

Dia memperoleh gelar sarjana hukum dari University of North London dan memulai kariernya sebagai pengacara magang pada tahun 1994 di firma hukum Christian Fisher, di mana dia akhirnya dijadikan partner.

Dia berspesialisasi dalam hak asasi manusia, dan menghabiskan tiga tahun memimpin kelompok kampanye kebebasan sipil, Liberty.

Dia mewakili Louis Farrakhan, pemimpin gerakan Nation of Islam, dan Babar Ahmad, seorang kenalan masjid yang dipenjara di Amerika Serikat setelah mengaku memberikan dukungan kepada rezim Taliban di Afghanistan.

Ambisi yang Lebih Tinggi?

Khan bergabung dengan Partai Buruh pada usia 15 tahun ketika Perdana Menteri Konservatif Margaret Thatcher sedang berkuasa.

Dia menjadi anggota dewan lokal untuk Tooting di wilayah lokal Wandsworth yang didominasi politisi Partai Konservatif pada tahun 1994, dan menjadi anggota Parlemen pada tahun 2005.

Dia masih tinggal di daerah tersebut bersama istri—seorang pengacara—Saadiya dan dua putri remaja mereka.

Perdana Menteri Partai Buruh Gordon Brown mengangkatnya menjadi menteri masyarakat pada tahun 2008 dan dia kemudian menjabat sebagai menteri transportasi, menjadi menteri Muslim pertama yang menghadiri pertemuan Kabinet.

Di Parlemen, dia memilih mendukung pernikahan sesama jenis—yang membuatnya mendapat ancaman pembunuhan.

Sebagai wali kota, dia berjanji untuk fokus pada penyediaan perumahan yang terjangkau bagi warga London dan membekukan tarif transportasi, namun—seperti banyak orang yang berkuasa di seluruh dunia—agendanya terhambat oleh pandemi Covid-19.

Dia adalah wali kota ketiga London setelah Ken Livingstone dari Partai Buruh (2000-2008) dan Boris Johnson (2008-2016). Ada spekulasi luas bahwa dia pada akhirnya bisa mencoba mengikuti pendahulunya dan menjadi perdana menteri.

Topik Menarik