Korban Tewas Akibat Hujan Lebat Brasil Bertambah jadi 56 Orang, Puluhan Hilang

Korban Tewas Akibat Hujan Lebat Brasil Bertambah jadi 56 Orang, Puluhan Hilang

Global | okezone | Minggu, 5 Mei 2024 - 09:00
share

SAO PAULO – Korban jiwa akibat hujan lebat yang melanda negara bagian paling selatan Brasil, Rio Grande do Sul, pekan ini telah bertambah menjadi setidaknya 56 orang, kata pemerintah setempat pada Sabtu, (4/5/2024) malam. Puluhan orang yang hilang akibat bencana ini masih belum ditemukan.

Otoritas pertahanan sipil Rio Grande do Sul mengatakan 74 orang masih hilang dan lebih dari 69.000 orang mengungsi karena badai dalam beberapa hari terakhir telah berdampak pada hampir dua pertiga dari 497 kota di negara bagian tersebut, yang berbatasan dengan Uruguay dan Argentina.

Pihak berwenang setempat mengatakan pihaknya sekarang sedang menyelidiki apakah tujuh kematian lainnya terkait dengan badai tersebut, setelah pada hari sebelumnya mereka melaporkan total lebih dari 55 kematian.

Dilansir Reuters, banjir menghancurkan jalan dan jembatan di beberapa wilayah negara bagian. Badai tersebut juga memicu tanah longsor dan runtuhnya sebagian bendungan di pembangkit listrik tenaga air kecil. Bendungan kedua di kota Bento Goncalves juga berisiko runtuh, kata pihak berwenang.

Di Porto Alegre, ibu kota Rio Grande do Sul, danau Guaiba meluap dan membanjiri jalan-jalan.

Bandara internasional Porto Alegre telah menangguhkan semua penerbangan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Topik Menarik