5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

Global | sindonews | Senin, 25 Maret 2024 - 21:21
share

Pasukan elite menjadi bagian penting dalam kekuatan militer pada suatu negara. Pasukan elite itu umumnya dimiliki pada setiap angkatan, baik udara, darat hingga laut. Tapi, banyak negara di Asia memiliki pasukan elite yang ditakuti karena sudah teruji di berbagai medan pertempuran.

Selain sudah teruji, pasukan elite tersebut juga memiliki sistem pelatihan yang keras dengan seleksi yang sangat ketat. Mereka menjadi tumpuan ketika ada peristiwa penting atau insiden teror yang membahayakan keamanan negara.

5 Negara Asia yang Punya Pasukan Elite Paling Ditakuti

1. Taiwan

Foto/Reuters

Melansir Forces.net, banyak unit Pasukan Khusus di seluruh dunia didasarkan pada model Amerika atau Inggris, dan salah satu contohnya adalah pasukan katak Taiwan.

Secara resmi disebut unit Pengintaian dan Patroli Amfibi, atau ARP, unit Pasukan Khusus Korps Marinir Taiwan pada dasarnya setara dengan US Navy SEAL atau SBS Inggris.

Seperti namanya, tugas utama mereka adalah pengintaian berbasis air jarak jauh, khususnya di Selat Taiwan. Jika Tiongkok mencoba menginvasi Taiwan, maka ARP akan mengambil tindakan.

Peran mereka kemungkinan besar adalah melintasi perairan sepanjang 100 mil antara Taiwan dan China pada malam hari, secara diam-diam mengintai sasaran militer, dan mengarahkan serangan ke sasaran tersebut.

Ann Wang dan Ben Blanchard telah melaporkan kursus seleksi ARP yang sangat melelahkan untuk Reuters, menyaksikan penerimaan dari 31 orang dikurangi menjadi hanya 15 pada akhir proses 10 minggu.

Sebagai anggota militer yang sudah terlatih, kursus ini membutuhkan tingkat ketahanan yang lebih tinggi bagi calon pasukan katak untuk melewati jam-jam latihan dan seringnya kurang tidur. Proses seleksi berpuncak pada peserta yang melintasi batu bergerigi sepanjang 100 meter di perut mereka.

Hal ini, dikombinasikan dengan posisi stres dan waktu yang lama dihabiskan di air laut yang dingin membantu memastikan bahwa kandidat yang lulus kursus siap menghadapi kondisi sulit yang mungkin mereka hadapi selama dinas.

China memiliki unit Pasukan Khususnya sendiri.

Meskipun demikian, Leigh Neville berpendapat dalam bukunya The Elite: The A-Z of Modern Special Operations Forces bahwa, unit-unit ini tidak benar-benar setara dengan unit-unit di barat.

Dia melihat mereka lebih sebagai infanteri konvensional elit versi China (misalnya mungkin seperti US Rangers), karena misi Aksi Langsung mereka mungkin melibatkan operasi seperti perebutan lapangan terbang. Mereka juga melakukan beberapa peran pengintaian.

Sulit untuk tidak setuju sepenuhnya dengan Neville, karena US Rangers pada dasarnya adalah infanteri ringan elit yang berpengetahuan luas, menerima pelatihan ekstensif di berbagai jenis medan, serta dalam operasi lintas udara. Meskipun demikian, karena satu perbedaan utama antara pasukan konvensional dan Pasukan Khusus adalah bahwa pasukan konvensional cenderung melakukan serangan dan operasi dalam skala yang lebih kecil dan terbatas, pertanyaannya sering kali adalah seberapa kecil atau terbatasnya sebuah serangan yang diperlukan sebelum dianggap sebagai SOF.

Serangan atau penyitaan lapangan udara atau bandara mungkin dilakukan oleh pasukan konvensional kelas atas, atau oleh Pasukan Khusus, atau oleh pasukan konvensional elit untuk mendukung Pasukan Khusus, tergantung pada keadaan.

Namun bagi pihak China, operasi kontraterorisme yang umumnya dianggap lebih tepat dalam kewenangan, lebih cenderung dilakukan oleh unit polisi khusus.

Salah satunya adalah Unit Komando Macan Tutul Salju (sebelumnya dikenal sebagai Serigala Salju) Menurut Shannon Corbeil di Military.com, mereka dilatih untuk melakukan CT, pengendalian kerusuhan dan penjinakan bom untuk Olimpiade 2008 di Beijing. Mereka tetap menjadi ahli di bidang ini sejak saat itu.

Selain pekerjaan CQB dan kontraterorisme tingkat tinggi, unit ini juga terkenal karena seni bela diri dan keterampilan penembak jitu. Selain itu, meskipun merupakan unit polisi, unit ini juga masuk ke ranah militer dengan menjalani pelatihan bersama unit satuan tugas khusus Rusia dan, menurut Neville, menutup operasi perlindungan pribadi di Irak, dan mungkin juga di tempat lain.

Ahli seni bela diri juga umum di Pasukan Khusus Korea Selatan, atau lebih khusus lagi batalion misi khusus ke-707 yang sangat elit yang dikenal sebagai Macan Putih.

Jeremy Bender menjelaskan dalam Business Insider bahwa unit ini berada di puncak piramida operasi khusus Korea Selatan yang lebih besar, yang terdiri dari tujuh brigade operasi khusus lainnya.

Macan Putih pada dasarnya adalah kelompok elit di dalam kelompok elit, yang berasal dari seluruh militer Korea Selatan, dan terdiri dari laki-laki dan perempuan yang mampu bertugas di dalam unit tersebut. Apapun jenis kelamin atau latar belakangnya, semua anggota wajib memiliki sabuk hitam Tae Kwan Do.

Mereka juga harus melakukan latihan di salju dan sungai yang membeku sebagai bagian dari pelatihan cuaca dingin. Dan mereka dilatih untuk para dan SCUBA, dan dipersiapkan untuk evakuasi helikopter, menuruni gedung, menembus jendela, dan terjun payung berkecepatan tinggi, di antara misi-misi lainnya.

Semua ini tampaknya menunjukkan bahwa mereka berpengetahuan luas dan sangat terlatih serta mampu melakukan misi yang sama seperti unit Pasukan Khusus tingkat tinggi barat seperti SAS dan US Navy SEAL. Cukup tepat, mengingat referensi video game yang dibuat di atas, bahkan ada operasi Pasukan Khusus berasal dari batalion Macan Putih bernama K Song yang muncul di antara mereka dalam game 'Call of Duty: Black Ops Cold War'.

3. Korea Utara

Foto/Reuters

Korea Utara juga terkenal memiliki tentara Pasukan Khusus, meskipun sedikit rincian yang tersedia tentang mereka menunjukkan bahwa tujuan penggunaan tentara tersebut sangat berbeda dari model barat.

Berbicara pada tahun 2018, pensiunan Letnan Jenderal Korea Selatan In-Bum Chun mengatakan penggunaannya akan difokuskan pada penetrasi dan gangguan yang dalam. Lebih tepatnya, peran Pasukan Khusus Korea Utara dalam konflik di masa depan adalah untuk menerobos garis pertahanan Korea Selatan dan mengepung posisi-posisi penting seperti artileri, memutus pasokan dan penguatan mereka.

Pengisolasian unit pendukung yang lebih ke belakang ini pada akhirnya akan memungkinkan mereka dihancurkan oleh pasukan konvensional Korea Utara yang datang dari belakang.

4. Israel

Foto/Reuters

Melansir Force.net, berbeda dengan unit monyet yang sangat tidak konvensional, Sayeret Matkal Israel lebih mirip dengan unit Pasukan Khusus Barat.

Faktanya, Neville menceritakan bahwa awalnya ia meniru SAS dan menggunakan moto yang sama: "Siapa yang berani, menang."

Ia juga menjelaskan bahwa meskipun awalnya merupakan semacam unit pengintaian khusus, kewenangannya berkembang hingga mencakup peran kontra-terorisme dan aksi langsung.

Dalam artikel tentang delapan unit Pasukan Khusus paling elit di dunia, Independent menyebutkan bahwa peran utama Sayeret Matkal adalah pengumpulan intelijen. Hal ini sering kali berarti beroperasi jauh di belakang garis musuh, sehingga tampaknya pesawat ini tetap mempertahankan aspek warisan pengintaian khususnya.

Salah satu operasi yang memadukan pekerjaan semacam ini dengan perencanaan mendalam dan kemudian tindakan langsung adalah operasi penyelamatan sandera tahun 1976 di Entabbe, Uganda.

Dikenal dengan nama Operasi Thunderbolt, latar belakang misi ini adalah pembajakan penerbangan Air France yang berasal dari Tel Aviv dan membawa sejumlah penumpang Israel. Pesawat tersebut dikomandoi oleh campuran pembajak Palestina dan Jerman, yang mengalihkan pesawat ke Entebbe, bandara utama Uganda.

Di sini, mereka disambut dan dilindungi oleh diktator Idi Amin dan sejumlah tentaranya. Para pembajak memisahkan penumpang Yahudi Israel dan non-Israel yang mereka sandera, menuntut pembebasan gerilyawan Palestina atau pro-Palestina yang ditahan oleh Israel.

Operasi penyelamatan ini, sama seperti misi Pasukan Khusus, merupakan contoh nyata dari prajurit elit yang cerdas dan berani.

Misi tersebut didukung oleh pasukan terjun payung dan anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF) lainnya dari Brigade Golani, yang melakukan semacam dukungan Pasukan Khusus dengan membantu mengamankan bandara dan landasan pacu. Sementara itu, operator Sayeret Maktal sendiri masuk ke bandara dengan berpura-pura menjadi Presiden Idi Amin.

Tiba dengan pesawat kargo C-130 yang menyamar pada saat orang Uganda sedang menunggu pengiriman kargo, mereka mengendarai sebuah Mercedes Sedan hitam yang terlihat seperti milik presiden yang turun dari salah satu C-130 untuk membingungkan para penjaga. Operator Sayeret Maktal lainnya menyamar sebagai petugas keamanannya di jip.

Bersama-sama, mereka berkendara ke terminal bandara tempat para sandera ditahan dan dua penjaga menantang mereka yang berada di dalam Mercedes. Mereka ditembak mati oleh operator Sayeret Maktal, memperingatkan para pembajak dan sekutu mereka di Uganda. 29 operator Sayeret Maktal kemudian bergegas ke terminal bandara dan menembak mati delapan pembajak, sementara yang lain menyerang para penjaga dan menghancurkan delapan pesawat tempur MiG sehingga mereka tidak dapat mengejar pasukan komando dan sandera Israel kembali ke Israel.

Tiga sandera tewas dalam operasi tersebut, begitu pula komandan misi Sayeret Matkal, Letnan Kolonel Yonatan Netanyahu, saudara laki-laki calon presiden Israel Benjamin Netanyahu. Namun, operasi tersebut sebagian besar sukses, yang berujung pada pembebasan para sandera dan awak pesawat sekali lagi, sebuah contoh keberhasilan operasi aksi langsung, kontra-teroris, dan penyelamatan sandera.

5. Pakistan

Foto/Reuters

Beralih dari sejarah operasional sebenarnya hingga spekulasi, dilaporkan bahwa pelatihan untuk Kelompok Layanan Khusus (SSG) elit Pakistan memerlukan penyelesaian lari sejauh 36 mil dalam 12 jam dan lari sejauh lima mil, dengan peralatan lengkap, hanya dalam 20 menit.

Namun secara fisik hal ini mustahil dilakukan. Berlari mil dalam 20 menit membutuhkan seseorang untuk menyelesaikan lima mil empat menit berturut-turut. Hanya satu orang Daniel Komen yang pernah berhasil berlari dua mil berturut-turut dalam waktu empat menit, sehingga muncul gagasan bahwa siapa pun dapat berlari lima mil.

Meskipun demikian, masih ada dampak sampingan yang berguna dari misinformasi semacam ini. Hal ini membantu menunjukkan beberapa kesulitan yang melekat dalam pelaporan mengenai Pasukan Khusus, terutama yang berada di tempat yang jauh. Karena kebutuhan, sebagian besar dari apa yang mereka lakukan tidak terlihat oleh publik, dan orang hanya dapat memperoleh gambaran sebagian saja. Salah satu aspek dari hal ini adalah adanya rumor tentang berbagai unit Pasukan Khusus yang, jika diteliti lebih dekat, ternyata tidak benar.

Meski begitu, dari informasi yang ada, jelas SSG Pakistan pasti sangat bagus.

Menurut Corbeil, hanya 5 dari mereka yang mengikuti pelatihan tersebut lulus pada akhirnya. Pelatihan tersebut terdiri dari kursus komando yang berlangsung selama 25 minggu, yang tidak jauh dari kursus Royal Marine Commando yang berdurasi 32 minggu, kursus pelatihan infanteri terpanjang di NATO. Ini memiliki tingkat kegagalan sekitar 40.

Anggota SSG juga mendapatkan pelatihan lintas udara dan instruksi tempur tangan kosong, dan mereka memiliki kewenangan anti-terorisme, sehingga menempatkan mereka dalam wilayah Pasukan Khusus. Faktanya, fungsi kontra-terorisme ini dimulai pada serangan teroris Munich tahun 1972 dan keputusan untuk memasukkan Kompi Musa (unit penyelam tempur) Angkatan Darat Pakistan ke dalam SSG, dan melatihnya oleh SAS untuk melakukan kontra-terorisme. peran. Sebelumnya, kelompok tersebut juga pernah dilatih oleh Baret Hijau AS.

Faktanya, dari apa yang Neville katakan tentang unit tersebut, tampaknya bagian grup dari Grup Layanan Khusus adalah kuncinya, karena ini adalah kumpulan unit elit yang sedikit berbeda. Pasukan ini berisi delapan batalyon komando yang juga terlatih di udara sehingga mungkin dianggap mirip dengan US Army Rangers (yaitu infanteri ringan kelas atas yang berpengetahuan luas.) Pasukan ini juga memiliki kompi sinyal khusus; sebuah perusahaan anti-terorisme; dan sebuah kompi penyelam tempur, dengan Special Service Group Navy (SSGN) memiliki unit kontra-terorisme sendiri.

Tumpang tindih antara SSG dan SSGN dalam hal penyelaman tempur dan kontra-terorisme, serta spesialis sinyal dalam SSG membuatnya tampak lebih mirip dengan pengelompokan payung. Ini mungkin bisa dianggap seperti memiliki SAS, SBS, Resimen Pengintaian Khusus dan Resimen 18 Sinyal yang semuanya bertugas di UKSF (Pasukan Khusus Inggris), bersama dengan Paras dan Komando Marinir Kerajaan di SFSG (Kelompok Pendukung Pasukan Khusus).

Seperti Sayeret Matkal, SSG telah terlibat dalam sejumlah operasi kontra-terorisme termasuk pada pesawat yang dibajak.

Dalam satu operasi, pada tahun 1980, operator SSG menyamar sebagai awak darat sebelum menyerbu pesawat Indian Airlines yang dibajak. Seperti misi bandara Sayeret Matkal, misi ini sangat sukses, menghasilkan penangkapan kelima pembajak dan pembebasan 45 sandera.

Topik Menarik