Mengapa Bencana Kelaparan Melanda Gaza?

Mengapa Bencana Kelaparan Melanda Gaza?

Global | sindonews | Selasa, 19 Maret 2024 - 21:21
share

Gaza bagian utara bisa dilanda kelaparan kapan saja antara pertengahan Maret dan Mei, dan lebih dari 70 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza menghadapi “kelaparan yang sangat besar”. Itu terungkap dalam sebuah laporan yang didukung PBB.

Sekitar 300.000 orang masih terjebak di Gaza utara, di mana orang-orang terpaksa makan pakan ternak karena putus asa dan setidaknya 27 anak meninggal karena kekurangan gizi dalam beberapa pekan terakhir karena Israel memblokir pengiriman pasokan bantuan, termasuk makanan.

Lebih dari 31.000 warga Palestina telah terbunuh dan sebagian besar wilayah kantong yang terkepung hancur dalam lebih dari lima bulan pemboman Israel yang tiada henti.

Mengapa Bencana Kelaparan Melanda Gaza?

1. Konflik Gaza Makin Mencekam

Foto/Reuters

Seluruh penduduk di Gaza mengalami kekurangan pangan akut tingkat tinggi, dengan sekitar 1,1 juta orang atau separuh populasi hidup dalam bencana kerawanan pangan. Itu terungkap dalam laporan Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC) yang didukung PBB.

“Kelaparan kini diproyeksikan dan akan segera terjadi di Gaza Utara dan Provinsi Gaza dan diperkirakan akan terjadi selama periode proyeksi dari pertengahan Maret 2024 hingga Mei 2024,” demikian laporan PBB, dilansir Al Jazeera.

Laporan tersebut menambahkan bahwa kelaparan diperkirakan akan terjadi di wilayah utara Gaza jika konflik meningkat, termasuk serangan darat yang akan terjadi di kota selatan Rafah, dan jika permusuhan terus menghalangi aliran bantuan kemanusiaan ke wilayah Gaza dimana orang-orang yang membutuhkan berada. .

Dibandingkan dengan analisis IPC sebelumnya pada bulan Desember 2023, kerawanan pangan di Gaza semakin parah dan meluas, dan tren malnutrisi akut meningkat tajam.

Karena beberapa rumah tangga menghadapi kekurangan pangan yang sangat besar, yang berada pada kategori fase empat dan lima, laporan tersebut menambahkan bahwa data terbaru menunjukkan bahwa masyarakat beralih ke makanan hewani, mengais-ngais, atau mengemis.

“Apa yang ditunjukkan oleh laporan IPC adalah bahwa sudah ada risiko kelaparan di Gaza Utara dan risiko kelaparan di seluruh Jalur [Gaza],” Nour Shawaf, penasihat kebijakan MENA di Oxfam, mengatakan kepada Al Jazeera.

Baca Juga: Bagaimana Strategi Perang Israel yang Picik Mengakibatkan Kerugian Politik dan Militer yang Besar?

2. Kelaparan karena Ulah Manusia

Foto/Reuters

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mendefinisikan kelaparan sebagai situasi di mana sebagian besar penduduk suatu wilayah tidak mampu mengakses makanan yang cukup, yang mengakibatkan meluasnya malnutrisi akut dan hilangnya nyawa akibat kelaparan dan penyakit.

Kerawanan pangan akut mengacu pada ketidakmampuan individu untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup sehingga membahayakan nyawa atau penghidupan mereka.

IPC mendefinisikan kerawanan pangan akut menggunakan lima fase berdasarkan tingkat keparahannya, mulai dari tidak ada atau minimal pada fase satu hingga bencana atau kelaparan pada fase lima.

“Ini semua adalah buatan manusia, ini semua adalah hasil dari pemboman yang terus menerus, pemboman – pemboman yang dilakukan oleh Israel dan perpindahan warga Palestina ke seluruh Jalur Gaza. Ini adalah akibat dari penggunaan kelaparan sebagai senjata perang,” kata Shawaf dari Oxfam.

Hampir 85 persen penduduk Gaza masih menjadi pengungsi.

IPC tidak mendeklarasikan kelaparan, namun memberikan bukti atas deklarasi kelaparan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan terkait di tingkat negara seperti otoritas pemerintah atau pimpinan negara di PBB.

Rumah tangga di Gaza selatan juga mengalami kelaparan karena laporan tersebut mengklasifikasikan provinsi Deir el-Balah, Khan Younis dan Rafah sebagai wilayah darurat fase empat IPC. Karena situasi yang tidak menentu, “dalam skenario terburuk, daerah-daerah ini menghadapi risiko Kelaparan hingga Juli 2024”, kata laporan itu.

Sementara sekitar separuh populasi berada dalam bencana keamanan pangan, separuh lainnya juga kelaparan. Laporan tersebut secara khusus mencatat bahwa:

Sekitar 854.000 orang di Gaza berada dalam IPC fase empat, atau keadaan darurat. Artinya, mereka menghadapi kekurangan pangan parah yang berujung pada malnutrisi akut atau kematian berlebihan. Beberapa juga menggunakan mekanisme penanggulangan darurat yang berdampak buruk pada kesejahteraan mereka.

Diperkirakan 265.000 orang di Gaza berada dalam fase ketiga IPC, atau krisis.

3. Israel Menghalangi Pasokan Bantuan

Foto/Reuters

Gaza telah dikepung sepenuhnya dan pasokan makanan terputus sejak Israel melancarkan perangnya pada 7 Oktober 2023.

Oxfam pada hari Senin menuduh Israel “dengan sengaja” menghalangi pasokan bantuan ke Gaza, sementara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan Israel “memprovokasi kelaparan” di Gaza. Dia menuduh Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata perang.

“Kami sebagai organisasi kemanusiaan dan lembaga kemanusiaan juga sengaja dilarang menjangkau orang-orang di seluruh Jalur Gaza, baik di dalam Gaza atau bahkan memberikan bantuan ke Gaza,” kata Shawaf dari Oxfam.

Badan-badan bantuan telah meminta akses aman segera ke Gaza melalui jalur darat melalui penyeberangan perbatasan Rafah dan Karem Abu Salem (dikenal sebagai Kerem Shalom di Israel), sehingga mereka bisa mendapatkan bantuan kemanusiaan penting seperti makanan untuk warga Gaza.

Namun, “jumlah truk tidak cukup untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan yang diakibatkan oleh pemboman intensif yang sedang berlangsung”, lapor Hani Mahmoud dari Al Jazeera dari Rafah Gaza, dan menganggap bantuan yang masuk ke Jalur Gaza hanyalah “setetes air di lautan”.

Mahmoud menambahkan bahwa perlintasan perbatasan perlu dibuka untuk memungkinkan aliran bantuan melalui darat karena bantuan yang dijatuhkan melalui udara atau menunggu sekitar dua bulan untuk pembangunan pelabuhan laut bukanlah solusi alternatif yang cukup atau praktis.

4. Gencatan Senjata yang Belum Terwujud

Foto/Reuters

Shawaf dari Oxfam menambahkan bahwa bencana ini akan terus terjadi kecuali ada gencatan senjata yang memungkinkan operasi kemanusiaan ditingkatkan, di samping peningkatan bantuan secara eksponensial.

Laporan IPC juga menyarankan pemulihan akses kemanusiaan di seluruh Jalur Gaza, bersamaan dengan pemulihan kesehatan dan gizi. Ia menambahkan solusi spesifik, termasuk penyediaan susu formula siap pakai untuk bayi yang tidak disusui dan suplemen mikronutrien gratis untuk anak kecil, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

Laporan ini juga merekomendasikan upaya untuk memulihkan pasar seperti toko roti, serta sistem produksi pangan seperti perikanan dan hortikultura.

Topik Menarik