4 Fakta Serangan Udara Israel Bunuh 7 Pekerja Bantuan di Gaza

4 Fakta Serangan Udara Israel Bunuh 7 Pekerja Bantuan di Gaza

Global | okezone | Rabu, 3 April 2024 - 07:11
share

GAZA Tujuh orang yang bekerja untuk badan amal bantuan pangan World Central Kitchen (WCK) tewas dalam serangan udara Israel di Gaza .

Tiga di antaranya adalah warga Inggris dan Menteri Luar Negeri David Cameron telah meminta Israel untuk segera menjelaskan bagaimana hal iTU terjadi.

BBC Verify telah mempelajari gambar-gambar setelah serangan tersebut, yang dibagikan di media sosial, untuk mencoba mengumpulkan apa yang kita ketahui tentang insiden tersebut.

Berikut fakta-faktanya:

1. Konvoi bantuan

Badan amal tersebut mengatakan para pekerja bantuan tersebut bepergian dengan tiga mobil, dua di antaranya berlapis baja.

Dilaporkan bahwa pergerakan konvoi tersebut telah dikoordinasikan dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Menurut badan amal tersebut, konvoi itu telah menurunkan lebih dari 100 ton pasokan makanan di sebuah gudang di Deir al-Balah di Gaza tengah,

Dengan menganalisis gambar tiga kendaraan yang rusak berat, salah satunya berlogo WCK di atapnya, BBC Verify telah mengetahui lokasinya.

Jarak keduanya sekitar 2,5 km (1,5 mil), yang menunjukkan bahwa terjadi lebih dari satu serangan.

BBC Verify menunjukkan lokasi mereka dengan mencocokkan petunjuk visual di foto mereka dengan citra satelit di bagian Gaza ini.

Dalam salah satu gambar Toyota Hilux yang rusak berat, serta pepohonan dan pagar di samping kendaraan, tampak sebatang pohon palem berdiri di dalam pagar tembok dengan pola bangunan khas di sekitarnya.

Dengan menggunakan citra satelit, fitur-fitur ini telah dicocokkan dengan bagian jalan Al-Rashid, yang membentang di sepanjang pantai di Gaza tengah.

Dalam foto kendaraan kedua yang rusak parah, terlihat lubang besar bergerigi di atap Toyota Hilux yang berbeda. Logo WCK juga terlihat.

Di tempat lain, sebuah tiang, bagian hutan, tembok rendah dan dua atap berbeda dapat dilihat di latar belakang. BBC Verify telah mencocokkan lokasi kejadian dengan jarak sekitar 800m di selatan kendaraan pertama.

Kendaraan ketiga yang rusak difoto di area terbuka di selatan, sekitar 100m dari jalan raya.

WCK mengatakan mobil ketiga ini adalah kendaraan berkulit lembut, artinya tidak berlapis baja. Jaraknya sekitar 1,6 km di selatan kendaraan kedua dan 2,5 km dari kendaraan pertama.

"Itu adalah serangan langsung. Mereka mencoba menjaga eberapa dari mereka dan memasukkannya ke dalam mobil lain di depannya. Namun mereka menembaki mobil tersebut," kata seorang warga setempat yang menyaksikan serangan tersebut.

Topik Menarik