Dubes RI Untuk Filipina Rangkul Media Lokal, Bidik Peluang Kerja Sama

Dubes RI Untuk Filipina Rangkul Media Lokal, Bidik Peluang Kerja Sama

Global | rm.id | Senin, 27 Juni 2022 - 07:05
share

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Filipina Agus Widjojo menekankan pentingnya peran media massa dalam diplomasi di Filipina. Dia juga mengharapkan, kerja sama erat dengan media massa setempat dalam upaya menggenjot kerja sama kedua negara.

Hal itu disampaikan Dubes Agus dalam pertemuan dengan media lokal di Manila, 21 Juni lalu. Acara Media Luncheon itu dihadiri perwakilan media setempat. Yaitu, Philippine Daily Inquirer, Manila Times, Manila Bulletin, ABS-CBN, Nikkei Asia, Philippine News Agency, Daily Tribune, GMA Online, DZRH, Channel News Asia dan Philippine Star .

Dalam sambutannya, mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu mengatakan, Indonesia ingin menggenjot kerja sama dengan Pemerintah Filipina dan sektor swasta untuk memperluas peluang baru. Selain itu, pemerintah ingin meningkatkan keterlibatan badan usaha milik negara Indonesia dalam proyek-proyek lokal di bidang infrastruktur, transportasi, dan industri strategis.

Filipina merupakan mitra dagang penting bagi Indonesia, terang Agus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/6). Menurutnya, total nilai perdagangan bilateral surplus 7,3 miliar dolar AS (Rp 108 triliun) untuk Indonesia.

Meski ada beberapa tantangan seperti konektivitas dan keseimbangan perdagangan antara kedua negara, Agus mengaku masih terdapat peluang luas dalam memperkuat kerja sama ekonomi.

Untuk mempermudah transfer logistik kedua negara, Indonesia mendorong konektivitas antara Filipina Selatan dan Indonesia Timur melalui pengaktifan jalur transportasi udara dan laut.

Agus juga menggarisbawahi hubungan bilateral Indonesia dengan Filipina, yang menurutnya sangat erat dan kuat. Ditandai dengan berbagai kerja sama tingkat tinggi di berbagai bidang, baik dalam konteks bilateral, regional maupun multilateral.

Indonesia dan Filipina terus memperkuat hubungan bilateral dengan mencari cara dan sarana kerja sama yang saling menguntungkan, pungkasnya.

Topik Menarik