Israel Marah setelah Menlu Rusia Sebut Hitler Berdarah Yahudi

Israel Marah setelah Menlu Rusia Sebut Hitler Berdarah Yahudi

Global | sindonews | Selasa, 3 Mei 2022 - 08:55
share

TEL AVIV - Pemerintah Israel marah setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov mengeklaim bahwa mantan diktator Nazi, Adolf Hitler , memiliki darah Yahudi . Tel Aviv menganggap pernyataan itu keterlaluan dan tidak termaafkan.

Komentar Lavrov, yang dibuat selama wawancara dengan televisi Italia, mendorong Israel untuk memanggil duta besar Rusia.

Lavrov membuat pernyataan itu ketika dia ditanya mengapa Rusia merasa perlu "mendenazifikasi" Ukraina jika presiden negara itu sendiri, Volodymyr Zelenskiy, adalah orang Yahudi.

Moskow telah berulang kali menggunakan klaim tersebut untuk membenarkan invasi terhadap tetangganya.

"Jadi ketika mereka mengatakan \'Bagaimana Naziifikasi bisa ada jika kita orang Yahudi?\' Menurut pendapat saya, Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa. Untuk beberapa waktu kami telah mendengar dari orang-orang Yahudi bahwa anti-Semit terbesar adalah orang Yahudi," kata Lavrov.

"Saya bisa saja salah, tapi Hitler juga memiliki darah Yahudi," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, yang kakeknya meninggal dalam Holocaust, mengecam Lavrov dalam sebuah pernyataan Senin.

"Pernyataan Menteri Luar Negeri Lavrov adalah pernyataan yang tidak dapat dimaafkan dan keterlaluan, serta kesalahan sejarah yang mengerikan," katanya, seperti dikutip Fox News , Selasa (3/5/2022).

"Tingkat rasisme terendah terhadap orang Yahudi adalah menuduh orang Yahudi sendiri anti-Semitisme."

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan;"Kebohongan semacam itu dimaksudkan untuk menuduh orang-orang Yahudi sendiri atas kejahatan paling mengerikan dalam sejarah yang dilakukan terhadap mereka."

Perang Dunia II, di mana Uni Soviet kehilangan sekitar 27 juta orang dan membantu mengalahkan Nazi Jerman, adalah kunci dari identitas nasional Rusia.

Berulang kali meraih narasi sejarah yang menempatkan Rusia sebagai penyelamat melawan kekuatan jahat telah membantu Kremlin menggalang Rusia di sekitar perang di Ukraina.

Warga sipil yang terjebak di pabrik baja Mariupol bawah tanah mohon bantuan Video

Zelensky membandingkan invasi Rusia dengan tindakan Nazi Jerman, menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin mencoba melakukan "solusi akhir" terhadap Ukraina.

Dani Dayan, ketua Yad Vashemmemorial Israel untuk enam juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust, mengatakan pernyataan menteri Rusia itu adalah penghinaan dan pukulan telak bagi para korban Nazisme yang sebenarnya.

Identitas salah satu kakek Hitler tidak diketahui tetapi ada beberapa spekulasi, tidak pernah didukung oleh bukti apapun, bahwa dia mungkin seorang Yahudi.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan pernyataan Lavrov menunjukkan bahwa Rusia saat ini penuh dengan kebencian terhadap negara lain.

"Menteri Luar Negeri Lavrov tidak bisa membantu menyembunyikan anti-Semitisme yang mengakar dari para elite Rusia," tulis dia di Twitter. "Pernyataan kejinya menyinggung Presiden @ZelenskyyUa , Ukraina, Israel, dan orang-orang Yahudi."

Topik Menarik