Bos CIA Ungkap 2 Ancaman Terbesar bagi AS, Kebangkitan China dan Garangnya Rusia

Bos CIA Ungkap 2 Ancaman Terbesar bagi AS, Kebangkitan China dan Garangnya Rusia

Global | inewsid | Jum'at, 15 April 2022 - 19:40
share

WASHINGTON, iNews.id - Direktur badan intelijen CIA William Burns mengungkap ancaman terbesar bagi Amerika Serikat. Ada dua ancaman yang dia sebut yakni kebangkitan China di panggung dunia dan Rusia yang sedang menyerang Ukraina.

Dalam pidatonya di Institut Teknologi Georgia, Kamis kemarin, Burns mengatakan China menjadi ancaman karena semakin meningkatkan permusuhan dengan AS, sementara Rusia menampakkan wajahnya yang semakin garang serta revisionis.

Kondisi ini, kata Burns, memaksa CIA harus menempatkan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di era baru.

China Xi Jinping adalah tantangan terbesar kita, dalam banyak hal, ujian paling mendalam yang pernah dihadapi CIA. Sebagai badan intelijen, kami tidak pernah berurusan dengan musuh yang punya jangkauan lebih luas," ujarnya.

Bos badan intelijen pusat itu juga memperingatkan operasi militer yang sedang berlangsung di Ukraina juga menjadi ancaman langsung. Menurut dia keputusasaan Presiden Vladimir Putin bisa memicu perang nuklir.

Tidak seorang pun dari kita boleh menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir hasil rendah, katanya.

Namun Burns menegaskan, meski Rusia telah menempatkan pasukan nuklirnya dalam status siaga tinggi, CIA belum melihat banyak bukti pengerahan atau pergerakan militer yang memperkuat status itu.

Topik Menarik