Hadapi Perlawanan Sengit di Ukraina, Rusia Kemungkinan Pakai Senjata Nuklir

Hadapi Perlawanan Sengit di Ukraina, Rusia Kemungkinan Pakai Senjata Nuklir

Global | inewsid | Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:10
share

TOKYO, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Jepang Sergiy Korsunsky mengungkap, ada kemungkinan Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir untuk menghadapi perlawanan selama invasi.

Namun dia menegaskan ancaman senjata nuklir Rusia tak akan membuat Ukraina takut dalam memperjuangkan kedaulatan.

"Kami akan berjuang sampai akhir. Kami tidak akan hidup di negara yang dikendalikan Rusia," kata Korsunsky, dikutip dari Reuters.

"Tidak ada alasan untuk percaya bahwa dia (Putin) bisa mengancam kita, seperti yang dia kira. Untuk negara yang akan menggulingkan pemerintahan kita lalu kita merangkul Rusia setelah apa yang mereka lakukan, tidak mungkin. Karena itu, dia bisa menggunakan senjata nuklir," ujarnya, melanjutkan.

Dia menambahkan, Ukraina mengandalkan bantuan negara-negara sekutu untuk menghindari segala bentuk eskalasi mengarah kepada penggunaan senjata nuklir.

"Kami mencoba bekerja sama dengan mitra, kekuatan nuklir utama yang tahu bagaimana memantau kondisi senjata nuklir serta bisa membantu kami untuk tidak membiarkan ini terjadi," katanya.

Putin memerintahkan pasukan nuklir untuk siaga tinggi pada pekan lalu sebagai respons atas sanksi bertubi-tubi yang dijatuhkan negara Barat kepada Rusia serta pernyataan agresif NATO.

Setelah mengumumkan operasi militer khusus ke Rusia, Putin secara langsung juga mengancam akan menggunakan senjata nuklir.

"Siapa pun yang mencoba menghalangi kami, harus tahu bahwa tanggapan Rusia akan datang segera. Itu akan membawa Anda pada konsekuensi yang tidak pernah ditemui dalam sejarah Anda," kata Putin, yang ditafsirkan para pakar sebagai senjata nuklir.

Topik Menarik