6 Fakta Unik Menakjubkan Negara Maladewa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

6 Fakta Unik Menakjubkan Negara Maladewa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Global | inewsid | Jum'at, 4 Maret 2022 - 19:40
share

JAKARTA, iNews.id - Fakta unik menakjubkan negara Maladewa sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur ke negara tersebut. Apalagi negara kepulauan ini banyak memiliki destinasi cantik yang sayang untuk dilewatkan.

Maladewa yang terkenal dengan sebutan Maldive ini adalah negara yang terletak di Barat daya India. Memiliki pesona alam yang menakjubkan, yakni berupa laut biru dan pasir putih sangat memanjakan mata para pelancongnya. Lalu apa saja fakta menarik dari negara ini?

6 Fakta Unik Menakjubkan Negara Maladewa

  • 1. Islam adalah Agama Wajib

Fakta unik menakjubkan negara Maladewa pertama adalah agama wajib. Di sana, kepercayaan yang disahkan hanyalah Islam dan telah diatur dalam undang-undangan resmi pemerintah.

Bahkan, pada tahun 2008 dalam regulasi tertuang orang non Islam dilarang menjadi penduduk Maladewa. Dengan jumlah populasi di tahun 2020 mencapai 540.542 membuat negeri ini dijuluki sebagai negara Muslim paling kecil didunia.

Sehingga jika berwisata ke negara ini diharuskan mematuhi segala tatanan yang telah diatur. Misalnya, pemerintah membuat kebijakan tidak diperbolehkan memasukkan barang atau membawa hal-hal yang berlawanan dengan syariat Islam di antaranya alkohol, pornografi dan barang berbahan daging babi.

  • 2. Seluruh Rakyatnya adalah Muslim

Islam adalah satu-satunya agama yang dilegalkan di Maladewa. Alhasil, seluruh rakyatnya adalah seorang Muslim. Kisah ini berawal dari penjajahan yang dilakukan oleh Inggris dan Portugis namun berhasil direbut oleh seorang kapten yang pandai mengatur strategi militer dari kalangan Muslim bernama Muhammad Thakurufaanu Al Auzam di tahun 1573.

Karena keberhasilan itu, tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari nasional atau Qaumee Dhuvas. Ia juga menjadi penguasa pertama di Maldive yang membuat lembaga ketentaraan yang baik di sana.

  • 3. Melarang Berbusana Seksi

Fakta unik menakjubkan negara Maladewa yang lain adalah adanya larangan berbusana seksi. Menjadi sebuah negara Muslim mengharuskan para warganya untuk membuka aurat atau berbusana seksi.

Bahkan, ada pelarangan mengenakan busana seksi maupun terbuka auratnya untuk wanita di pantai umum. Oleh karena, itu hanya diperbolehkan digunakan di hotel, pantai khusus atau milik pribadi. Jika terbukti melakukan pelanggaran maka harus bersedia masuk jeruji besi.

Sebab ini juga, pemerintah memberlakukan pemisahan antara pantai umum, serta khusus bagi para pelancong lokal maupun internasional. Karena sumber terbesar kekayaan Maldive berasal dari objek wisatanya.

  • 4. Negara dengan Permukaan Teramat Rata di Bumi

Maladewa memiliki luas wilayah mencapai 297,8 km. Namun, ternyata fakta unik menakjubkan negara Maladewa adalah permukaan negara yang sangat rata atau hanya memiliki ketinggian maksimal 2,4 meter di atas permukaan laut.

Alhasil, persoalan global warming menjadi isu yang sangat diperhatikan oleh negara Maladewa. Oleh sebab itu juga, lembaga rekor dunia Guinness menobatkan Maladewa sebagai negara dengan permukaan teramat rata di bumi.

  • 5. Rapat di Bawah Laut

Sejak tahun 2015 negara Maladewa diprediksi akan tenggelam dalam 100 tahun mendatang. Hal ini sangat sesuai dengan isu pokok yang berhubungan dengan global warming, serta perubahan cuaca. Akhirnya, presiden ke-4 negeri ini, Mohamed
Nasheed menyindir dunia internasional dengan mengadakan rapat dengan para menteri di bawah laut di tahun 2009 lalu.

Rapat di bawah laut tersebut dilakukan dengan menandatangani deklarasi. Adapun, tujuan utamanya adalah menciptakan kesadaran tentang perubahan iklim.

Menurut World Population Review yang dilansir dari YouTube Data Fakta, tingkat literasi Maldive menjadi yang tertinggi di dunia dengan nilai mencapai 99,30 persen pada tahun 2020 lalu. Angka ini tentu mengalahkan negara kita karena Indonesia yang hanya menyumbang angka 93,90 persen.

Ini menjadi perubahan yang sangat signifikan dan dapat diapresiasi, karena pada 42 tahun yang lalu negara ini hanya mendapat 78 persen dalam angka melek huruf. Wah keren ya!

Demikian fakta unik menakjubkan negara Maladewa. Jika kalian ingin berkunjung ke negara tersebut pastikan untuk mematuhi aturan yang ada ya!

Topik Menarik