Temuan Paling Unik di Dunia

Temuan Paling Unik di Dunia

Global | inewsid | Selasa, 15 Februari 2022 - 00:20
share

JAKARTA, iNews.id - Penemuan paling unik di dunia akan menjadi sorotan bagi banyak pihak di seluruh semesta. Apalagi bila temuan tersebut memiliki keistimewaan tersendiri.

Di abad ke 20 ini, arkeolog dunia telah menemukan sejumlah temuan penting. Penemuan kuno yang memiliki nilai historikal tersendiri bahkan beberapa di antaranya memiliki keunikan tersendiri

Berikut 6 temuan paling unik di dunia, yang dikutip dari bebagai sumber:

1. Peta Kuno di Eropa

Peta ini ditemukan pada 1900 di Prancis dan berbentuk ukiran pada lempengan batu. Peta ini diperkirakan telah berumur 4000 tahun.

Pada batu tersebut terbentuk sebuah relief peta, yang barangkali pada zaman dahulu digunakan oleh raja untuk melukiskan daerah kekuasaanya. Lempengan batu ini terdapat garis yang melambangkan Sungai Odet serta lembah sekelilingnya di Prancis barat. Diperkirakan luas wilayah ini mencapai 30 kilometer dikalikan 21 kilometer atau setara dengan 18,6 mil kali 13 mil.

2. Manusia Naga

Homo longi yang berarti manusia naga ditemukan oleh para peneliti di China pada 1933. Dalam penelitian ini diinformasikan sebagai jenis manusia baru.

Temuan ini disimpan dalam sebuah sumur selama 85 tahun saat masa penjajahan Jepang hingga akhirnya bisa diteliti.

Temuan ini berupa sebuah tempurung kepala manusia yang sangat mirip dengan Homo Sapiens. Menurut peneliti memang ada jenis tengkorak besar dari keluarga jenis manusia yang hidup sekarang ini.

Belum diketahui secara pasti kapan muncul dan menghilangnya manusia naga ini. Diprediksi, tempurung itu telah ada sejak 309.000 dan 138.000 tahun lalu.

3. Kuburan Hewan Peliharaan Tertua

Di pesisir Laut Merah Mesir tepatnya di Berenice terdapat kuburan - kuburan hewan peliharaan yang diperkirakan berusia 2.000 tahun. Ini bisa jadi merupakan permakaman hewan peliharaan terlaris di dunia.

Di tempat ini, ditemukan satwa yang sering dijadikan teman atau peliharaan manusia seperti kucing dan anjing yang telah berumur tua karena tidak terdapat gigi. Selain itu arkeolog juga menemukan anjing berukuran jumbo yang telah dibalut dengan tikar daun palem.

4. Candi Borobudur

Objek wisata populer dari Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ini, memperlihatkan keagungan sebuah bangunan bercorak Budha yang dikenal hingga mancanegara.

Candi ini pun masuk ke dalam catatan tujuh keajaiban dari UNESCO. Candi ini ditemukan oleh seorang penjajah dari Inggris bernama Sir Thomas Stamford Raffles pada 1811 masehi.

Bangunan ini merupakan tempat suci agama Budha yang dibangun tahun 800-an masehi sebagai bentuk penghormatan kepada para raja yang telah bertemu dengan para dewa.

5. Manusia Kerdil

Hobbit atau manusia kerdil telah ditemukan di Nusa Tenggara Timur tepatnya di Pulau Flores pada 2003 silam. Fosil dengan nama Homo Floresiensis ini oleh peneliti dijuluki \'The Hobbit.

Tulang belulang yang pertama kali ditemukan berjenis kelamin perempuan dewasa dengan tinggi badan mencapai 1.06 meter. Diperkirakan dia berumur 30 tahun.

Pada dasarnya para ilmuwan meyakini fosil ini merupakan milik manusia dengan kelainan mikrosefali yaitu berciri ukuran kepala lebih kecil dari manusia lainnya. Namun setelah temuan serupa lainnya ditemukan, menandakan adanya jenis manusia kerdil atau the hobbit ini.

6. Situs Purbakala Sangiran

Situs Purbakala Sangiran merupakan tempat penemuan manusia purba dan penemuan benda benda kuno. Bertempat di Kabupaten Sragen serta Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Tempat ini diurus oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP Sangiran) yang tergolong dalam Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kemendikbud. Tempat ini masuk dalam warisan budaya dunia UNESCO pada 1996 dengan julukan \'The Sangiran Early Man Site\'.

Pada awalnya, tempat ini ditemukan oleh seorang arkeolog bernama Von Koenigswald dari Belanda pada 1934. Saat itu dia berhasil menemukan alat dari batu yang digunakan manusia purba.

Selang dua tahun kemudian, tepatnya 1936, ditemukannya tulang belulang seperti Homo erectus, fosil hewan dan lain sebagainya.

Demikian temuan paling unik di dunia. Sangat menarik bukan untuk menjadi bahan referensi bacaan kalian?

Topik Menarik