Loading...
Loading…
Tentara Kolombia Gerebek Markas Organisasi Kriminal Clan del Golfo, 15 Penjahat Tewas

Tentara Kolombia Gerebek Markas Organisasi Kriminal Clan del Golfo, 15 Penjahat Tewas

Global | inewsid | Rabu, 02 Februari 2022 - 05:54

BOGOTA, iNews.id Angkatan Bersenjata Kolombia menggerebek markas organisasi kriminal Clan del Golfo di sebuah desa di negara itu, Selasa (1/2/2022). Belasan anggota sindikat penjahat itu pun tewas di tangan aparat.

Clan del Golfo adalah geng kriminal yang terkait dengan perdagangan narkoba dan penambangan ilegal di Kolombia. Menurut sumber-sumber militer di negara Amerika Latin itu, sedikitnya 15 orang tewas dalam operasi tersebut.

Reuters melansir, serangan oleh Angkatan Bersenjata Kolombia kali ini menjadi pukulan terbesar bagi Clan del Golfo dalam tiga bulan terakhir. Pada Oktober lalu, aparat keamanan menangkap pemimpin organisasi kriminal itu, Dairo Antonio Usuga, atau lebih dikenal sebagai Otoniel. Antonio dianggap sebagai pengedar narkoba paling penting dalam sejarah Kolombia baru-baru ini.

Operasi itu berlangsung di kawasan pinggiran Kota Ituango, Provinsi Antioquia, Kolombia. Di kalangan sindikat narkotika, daerah itu dianggap penting secara strategis untuk menanam koka (bahan utama kokain).

Sebagian besar anggota Clan del Golfo terdiri atas mantan paramiliter sayap kanan yang kembali ke kehidupan kriminal setelah perjanjian damai dengan pemerintah. Mereka mengadakan aliansi dengan lima kelompok kejahatan terorganisasi internasional untuk mendistribusikan 20 ton kokain setiap bulan, menurut Kepolisian Kolombia.

Baca Juga :
Pesan Terakhir Victor Escobar yang Jalani Euthanasia di Kolombia

Clan del Golfo memiliki sekitar 1.200 kombatan. Mereka memerangi kelompok pemberontak FARCyang menolak kesepakatan damai 2016dan para gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional (ELN) yang berhaluan kiri untuk menguasai wilayah kunci perdagangan narkoba dan penambangan ilegal di seluruh Kolombia.

Original Source

Topik Menarik