Viral Foto Jet Tempur Siluman F-35 AS Jatuh di Laut, Ini Penampakannya

Viral Foto Jet Tempur Siluman F-35 AS Jatuh di Laut, Ini Penampakannya

Global | sindonews | Jum'at, 28 Januari 2022 - 17:23
share

JAKARTA - Sebuah foto yang menunjukkan jet tempur siluman F-35C Amerika Serikat (AS) jatuh di laut viral secara online . Jet tempur inilah yang diduga mengalami kecelakaan pendaratan di dek kapal induk USS Carl Vinson sebelum jatuh ke Laut China Selatan pada 24 Januari 2022.

Foto tersebut ramai dipublikasikan di Reddit dan di berbagai media sosial pada 27 Januari 2022.

Menurut situs The Avionist yang juga merilis foto tersebut, Jumat (28/1/2022), itu menunjukkan F-35C yang cukup utuh dengan kanopi dan kursi pelontar mengambang di laut dan diduga tenggelam tak lama kemudian.

Seperti diberitakan sebelumnya, F-35C dari Strike Fighter Squadron 147 yang ditugaskan ke Carrier Air Wing (CVW) 2 mengalami kecelakaan pendaratan di dek kapal induk USS Carl Vinson. Insiden itu memaksa pilot untuk mengeluarkan diri dan melukai 7 pelaut.

Meskipun ada banyak spekulasi mengenai akar penyebab insiden dan bagaimana itu terungkap, sejauh ini tidak ada pernyataan resmi yang dirilis militer AS.

Foto yang viral itu diduga diambil beberapa saat sebelum pesawat F-35C mulai tenggelam ke perairan Laut China Selatan, di mana Angkatan Laut AS berencana untuk mengambilnya kembali untuk mencegah China atau Rusia "meletakkan tangan" mereka di bagian sensitif dari pesawat generasi ke-5 yang berharga.

Sumber foto itu belum bisa diverifikasi secara independen. Namun, insiden ini mengingatkan pada kecelakaan serupa yang dialami jet tempur siluman F-35B Inggris yang jatuh ke Laut Mediterania setelah gagal lepas landas dari kapal induk HMS Queen Elizabeth pada 24 November 2021.

Beberapa hari setelah insiden itu, sebuah video yang menunjukkan detik-detik F-35B gagal lepas landas dan jatuh ke laut bocor secara online .

Seorang anggota awak laki-laki dari kapal HMS Queen Elizabeth ditangkap karena membocorkan video secara online . Dalam kecelakaan itu, pilot berhasil terlontar dan badan pesawat ditemukan dari dasar laut.

Foto puing-puing F-35B yang ditemukan oleh kapal penyelamat carteran, juga bocor dan mulai beredar online pada 21 Januari 2022.

Butuh dua minggu untuk menemukan bangkai F-35B Inggris dan satu minggu lagi untuk membawanya. Hal itu diungkap sumber pertahanan Inggris.

Topik Menarik