Loading...
Loading…
AS Akan Tutup Kedutaan Afghanistan, Kekebalan Diplomat Juga Dicabut

AS Akan Tutup Kedutaan Afghanistan, Kekebalan Diplomat Juga Dicabut

Global | limapagi.id | Kamis, 27 Januari 2022 - 10:25

LIMAPAGI - Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan menutup kedutaan besar Afghanistan di Washington dan misi konsulat di Los Angeles dan New York. Para diplomat Afghanistan juga akan dicabut kekebalan diplomatiknya, Kamis 27 Januari 2022.

Perihal tersebut disampaikan dalam sebuah memo oleh diplomat Afghanistan pada awal minggu ini.

Kepada jurnalis Al Arabiya, seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa tidak ada perubahan dalam status misi Afghanistan atau personelnya.

Tetapi sumber diplomatik mengatakan: "Mereka mengatakan akan ada penutupan kedutaan [di Washington] dan misi konsulat di LA dan New York."

Langkah Washington dilakukan kurang dari enam bulan setelah penarikan AS yang kacau dari Afghanistan. Selain itu dan jatuhnya ibu kota Kabul ke tangan Taliban.

Taliban belum diakui oleh banyak komunitas internasional, termasuk Amerika Serikat. Namun, Norwegia menjadi tuan rumah bagi Taliban minggu ini untuk pertemuan dengan pejabat Barat.

AS, Inggris, Norwegia, Prancis, Jerman, Italia, dan Uni Eropa bertemu dengan Taliban di Oslo.

Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melihat pemerintahannya runtuh pada 15 Agustus 2021.

Ia melarikan diri dari negara itu dan pasukan keamanan Afghanistan gagal mencegah Taliban mengambil alih kekuasaan.

Tetapi para diplomat di Kedutaan Besar Afghanistan di AS menolak untuk mengakui Taliban dan menolak semua upaya kelompok itu untuk membuka jalur komunikasi.

Original Source

Topik Menarik