Petualangan Kuliner Pesisir Aegea Turki dari Olahan Zaitun, Seafood hingga Anggur

Petualangan Kuliner Pesisir Aegea Turki dari Olahan Zaitun, Seafood hingga Anggur

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 09:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Berkunjung ke Turki tidak lengkap jika tak mencicipi kuliner khas negeri berjuluk Gerbang Timur dan Barat ini. Kuliner yang paling banyak diburu pelancong saat berkunjung adalah lezatnya makanan khas kawasan pesisir Aegea, Turki.

Di Aegea, para turis akan menikmati pengalaman gastronomi unik yang mencakup budaya kuliner tradisional selama berabad-abad. Pesisir Aegea, Turki adalah salah satu tempat paling penting di negara ini untuk kuliner dengan warisan kuliner yang mencakup minyak zaitun lezat, berbagai jenis rempah-rempah dan sayuran asli, makanan laut segar, tradisi pembuatan anggur kuno, dan filosofi farm-to-table (dari ladang ke meja).

Aegea terkenal dengan restoran-restorannya yang terkemuka. Banyak di antaranya dipimpin oleh para koki muda berbakat yang menyajikan adaptasi baru dari hidangan klasik. Panduan Michelin telah mengakui beberapa restoran di Izmir dan Bodrum, dua lokasi di Aegean yang populer untuk berburu kuliner lezat, beragam, dan berkualitas tinggi.


Salah sadut pemandangan pesisir Aegea, Turki. (FOTO: ISTIMEWA)
 

Minyak Zaitun 

Karena iklim dan geografi mendukung, pesisir Aegea menjadi salah satu kawasan produksi zaitun tertinggi di Anatolia. Budaya dan sejarah budidaya yang telah mengakar kuat ini menjelaskan mengapa masakan Aegea didasarkan pada buah dan minyak zaitun. Buah dan minyak zaitun yang lezat di kawasan ini merupakan pusat masakan Aegea yang telah lama dikenal.

Minyak zaitun yang dibumbui dengan herba seperti daun thyme, rosemary, atau mint, merupakan menu sarapan andalan di pesisir Aegea sebagai saus celup untuk roti yang baru dipanggang. Sementara minyak zaitun menambah rasa, kesehatan, dan rasa ringan pada salad, hidangan pembuka, dan hidangan utama saat makan siang dan makan malam. 

Di sini, sayuran seperti kacang hijau, terong, dan artichoke, pertanda musim semi, diubah menjadi hidangan yang sangat lezat dengan keajaiban minyak zaitun, sebuah rahasia umur panjang. Cita rasa terkenal lainnya dalam masakan Aegea berasal dari tumbuhan Aegea asli wilayah tersebut. 

Festival diselenggarakan untuk merayakan ramuan lezat dan obat seperti 
Sevket-i bostan (Blessed Thistle), asparagus dan dandelion, yang dicampur dengan minyak zaitun lezat dan disajikan sebagai hidangan utama atau hidangan pembuka.


Salah satu dari sekian banyak menu olahan dengan campuran minyak zaitun. (FOTO: ISTIMEWA)
 

Makanan Laut

Secara alami, masakan Aegea mencakup kekayaan Laut Aegea yang subur. Dari Ayvalik hingga Alaçati dan dari Bodrum hingga Datça, restoran-restoran di kota pesisir Aegean menyajikan makanan laut segar terbaik, termasuk ikan air tawar, ikan bass, kerapu, tiram, gurita, cumi-cumi, dan udang. 

Hidangan gurita dan cumi, kaserol udang, dan ikan musiman panggang menjadi menu makan malam tak terlupakan.


Makanan laut atau seafood khas Aegea, Turki. (FOTO: ISTIMEWA)
 

Anggur Lezat Berabad-abad

Selain raki, anggur lezat yang dibuat dari anggur Aegea lokal adalah pendamping terbaik untuk hidangan laut. Karena tanah dan iklimnya, kawasan Aegea menjadi salah satu geografi yang paling diminati di dunia. 

Ke mana pun Anda bepergian di wilayah ini, jalan akan membawa Anda ke kebun anggur berusia berabad-abad serta anggur dan minuman anggurnya yang lezat. Dalam perjalanan Anda ke Laut Aegea, Anda dapat menjelajahi kebun anggur ini dan mendapatkan penemuan yang luar biasa. 

Anda dapat mencicipi banyak anggur Turki yang terkenal secara internasional di Urla, rumah bagi beberapa rute kebun anggur dan restoran berbintang Michelin di Izmir; di Sirince, dinobatkan sebagai “Desa Wisata Terbaik” oleh PBB Pariwisata tahun lalu dan Bodrum, destinasi liburan premium di Turki. 

Bozcaada juga menawarkan berbagai jenis anggur, termasuk anggur merah dari endemik Kuntra dan Karalahna serta anggur putih dari Çavus dan Vasilaki. Urla yang terkenal dengan kebun anggurnya, menawarkan varietas anggur lokal. 

Seperti Bornova Misketi dan anggur lezat yang dibuat dari anggur Foça Karas? dan Gaydura, yang telah diselamatkan dari kepunahan melalui reproduksi.


Anggur dari Aegea, Turki terkenal lezat. (FOTO: ISTIMEWA)
 

Santapan Mewah

Wilayah Aegea, Turki menyajikan banyak pilihan santapan mewah. Dalam beberapa tahun terakhir, para koki inovatif telah membuka restoran kelas atas yang menampilkan keberlanjutan ekologi dan budaya masakan Aegean melalui produk dan tradisi dari wilayah subur ini.
 
Khususnya di distrik Urla di Izmir, yang merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di kawasan ini, Anda dapat mencicipi hidangan lokal di restoran dengan mengikuti konsep farm-to-table dan pendekatan zero-waste. Panduan Michelin juga mencakup Urla di Izmir dan Bodrum di Mugla.

Topik Menarik