Lirik Sholawat Al Fatih Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan 

Lirik Sholawat Al Fatih Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan 

Gaya Hidup | inews | Rabu, 17 April 2024 - 00:39
share

JAKARTA, iNews.id - Lirik Sholawat Al Fatih akan diulas berikut ini. Sholawat satu ini merupakan salah satu sholawat yang cukup populer di kalangan umat Muslim.

Menurut NU Online, Selasa (16/4/2024), sholawat Al Fatih dipercaya dapat memberikan banyak khasiat bagi pembacanya. Lirik sholawat ini terdapat dalam kitab Perukunan Melayu.

Terdapat kutipan Syekh Al-Arif Al-Kubra mengenai sholawat Al Fatih, "Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Taala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah." (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Al-Aidrus: tanpa tahun], halaman 52).

Lirik Sholawat Al Fatih

Berikut lirik sholawat Al Fatih yang perlu diketahui oleh umat Muslim.

Latin: "Allahumma shalli wasallim wabrik 'al sayyidin Muhammadinil ftihi lim ughliqa walkhtimi lim sabaqa wannshiril haqqi bil haqqi walhad il shirtikal mustaqimi shallallahu 'alaihi wa'al lihi wa ashhbih haqqa qadrihi wamiqdrihil 'adzimi"

Artinya: "Ya Allah, limpahkan sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang haq dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga, dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung."

Keutamaan Mengamalkan Sholawat Al Fatih

Terdapat keutamaan mengamalkan Sholawat Al Fatih. Sebagaimana tertulis dalam Mukjizat Sholawat, karya Assegaf (2009, yakni sebagai berikut:

1. Dilindungi dari Gangguan Jin

Salah satu keutamaan mengamalkan Sholawat Al Fatih adalah dilindungi dari gangguan jin. Adapun, cara mengamalkannya yakni dengan 7 kali setiap kali membaca.

2. Memperbaiki Perilaku Anak-anak

Mengamalkan Sholawat Al Fatih dapat memperbaiki perilaku anak-anak. Dengan cara membaca sholawat ini pada telinga kanan dan kiri anak secara rutin.

3. Memudahkan Pemahaman Ketika Belajar

Jika ada umat Muslim yang mengalami kesulitan dalam belajar dapat mengamalkan Sholawat Al Fatih. Cara melakukannya yakni dengan membaca sholawat ini sebanyak 11 kali setelah menunaikan sholat fardhu dan 3 kali sebelum belajar.

Demikian ulasan mengenai lirik Sholawat Al Fatih. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik