Membuat Gmail Anti Lemot Akibat Kepenuhan Data Begini Caranya

Membuat Gmail Anti Lemot Akibat Kepenuhan Data Begini Caranya

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:50
share

MENLO PARK, iNewsSerpong.id - Penyimpanan Gmail yang penuh dapat menghambat fungsi email dan bahkan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Untuk itu, penting untuk mengosongkan penyimpanan Gmail secara berkala.

Berikut adalah langkah-langkahnya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2024).

1.Bersihkan Google Drive dan Google Photos

Secara default, Google memberikan penyimpanan 15GB untuk pengguna Gmail gratis. Namun, penyimpanan ini juga digunakan oleh layanan lain seperti Google Drive dan Google Photos.

Salah satu cara untuk mengosongkan penyimpanan Gmail adalah dengan menghapus file yang tidak terpakai pada Google Drive dan Google Photos.

2.Hapus Email Berukuran Besar

Beberapa email mungkin memiliki ukuran yang besar, bahkan mencapai 25MB karena lampiran foto atau video. Cari email dengan ukuran besar ini dengan mengetik "larger:20m" pada kolom pencarian. Hapus email yang tidak diperlukan untuk membebaskan ruang penyimpanan.

3.Hapus Email Promosi

Email promosi biasanya tidak terlalu penting dan hanya memenuhi kotak masuk. Bersihkan email promosi yang sudah tidak relevan untuk membebaskan ruang penyimpanan.

4. Hapus Email Usang

Email yang sudah berusia lebih dari satu tahun umumnya sudah tidak penting. Cari email yang lebih tua dari satu tahun dengan mengetik "older_than:1y" pada kolom pencarian dan hapuslah yang tidak diperlukan.

5. Pertimbangkan Untuk Membeli Ruang Penyimpanan Ekstra

Jika Anda adalah pengguna aktif Google, pertimbangkan untuk membeli ruang penyimpanan ekstra. Google menawarkan berbagai paket, mulai dari 100GB hingga 2TB, dengan harga yang terjangkau.

Pembelian ruang penyimpanan ekstra dapat menjadi solusi mudah dan efektif untuk mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh.

Semoga bermanfaat. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul "Cara Bikin Gmail Tidak Lemot Akibat Kepenuhan Data".

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silakan unduh aplikasi SINDOnews.

Topik Menarik