Urutan Sholat Malam Lailatul Qadar, Lengkap Bacaan Niat dan Dzikir Setelahnya

Urutan Sholat Malam Lailatul Qadar, Lengkap Bacaan Niat dan Dzikir Setelahnya

Gaya Hidup | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 01:15
share

JAKARTA, iNews.id - Memasuki pertengahan Bulan Ramadhan umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan ibadah agar mendapat keutamaan malam Lailatul Qadar.

Salah satunya dengan melaksanakan sholat Sunnah. Berikut urutan sholat malam Lailatul Qadar lengkap dengan bacaan niat dan dzikir.

Menjalankan ibadah pada malam Lailatul Qadar ini pahalanya sangat istimewa karena akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat. Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

Artinya: Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu.

Ustadz Muhammad Ajib dalam bukunya berjudul 33 Macam Jenis Shalat Sunnah menjelaskan, sholat mutlak adalah shalat sunnah yang bebas dikerjakan kapan pun kecuali di waktu terlarang dan berapa pun jumlah rakaatnya juga boleh.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa di bulan haram. Dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR. Muslim, at-Tirmidzi & an-Nasai).

Menjalankan sholat sunnah untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar memang tidak ditentukan waktunya secara khusus.

Meski demikian, umat Islam bisa melaksanakan sholat sunnah untuk meraih kemuliaan lailatul Qadar mulai sepertiga malam pertama antara pukul 19.30-23.00 WIB yakni selepas sholat Isya.

Waktu sepertiga kedua yakni pukul 23.00-02.00 WIB dan waktu sepertiga akhir malam pukul 02.00-04.00 WIB. Dari ketiga waktu itu paling utama dan dianjurkan yakni di sepertiga akhir malam.

Mengenai sholat Lailatul Qadar memang tidak disebutkan khusus baik tata caranya maupun bacaan niat. Untuk menghindari agar sholat Lailatul Qadar tidak batil atau salah Syaikh asy-Syibromalisi menyarankan agar diniatkan dengan sholat mutlak.

Urutan Sholat Malam Lailatul Qadar

1. Membaca Niat
Sholat Malam Lailatul Qadar bisa diniatkan dengan sholat Sunnah mutlak.

Latin: Ushollii sunnatan rokataini lillaahi taala.

Artinya: Aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah Taala.

2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca Surat Al A Kafirun pada rakaat pertama
6. Ruku dengan membaca tasbih 3 kali
7. I'tidal
8. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali
9. Duduk di Antara Dua Sujud
10. Sujud kedua
11. Berdiri untuk mengulang rakaat kedua
12. Pada rakaat kedua setelah membaca Surat Al Fatihah dianjurkan membaca Surat Al Ikhlas
14. Duduk Tahiyat
15. Salam

Dzikir setelah Sholat Lailatul Qadar

1. Membaca Istighfar

Latin: Astaghfirullohalazhiim, Alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubuu ilaih taubatan abdidhdholimiin laa yamliku linafsihi zhorowwanafaw walaa maut, walaa hayyataw walaanusyuuro . 3x

Artinya: Hamba membohon ampun kepdaa Allah Yang Mahaagung, hamba bersaksi bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali hanya Engkau y Allah Yang Mahahidup dan Mahamandiri. Hamba bertaubat kepada-Mu, sebagai hamba yang penuh dengan dosa yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat mudarat dan manfaat untuk mati, hidup maupun ketika menjadi bangkai nanti.

2. Membaca Tahlil

Laa Illaha Illa Allah, Wahdahu laa Syarikalahu, Lahul Mulku Wa lahul Khamdu wa huwa hayyun daa-imun Laa yaa muutu Biyadihil Khair, wa Huwa ala Kulli syai-in Qodir. . 33 x.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya semua kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Dia zat yang Mahahidup dan tidak akan pernah mati. Di kekuasan-Nya segala kebajikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

3. Membaca Tasbih

Subhannallahu wa bi hamdihi, subhannallohil adzim, Astaghfirullah.
Artinya: Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya. Maha suci Allah yang Maha Agung. Hamba memohon ampunan kepada Allah.

Itulah ulasan urutan sholat malam Lailatul Qadar lengkap dengan tata cara dan bacaan dzikir yang bisa diamalkan umat Islam di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan agar mendapat kemuliaan Lailatul Qadar.

Wallahu A'lam Bish Showab

Topik Menarik