Mengintip Suvenir Seni Khas Kota Malang di Toke Re

Mengintip Suvenir Seni Khas Kota Malang di Toke Re

Gaya Hidup | depok.inews.id | Senin, 18 Maret 2024 - 06:34
share

MALANG, iNews Depok.id Kota Malang Jawa Timur selain dikenal sebagai Kota Pendidikan juga dikenal sebagai kota yang kaya seni budaya. Mewadahi karya seninaman Kota Malang, hadir Toko Re yang berlokasi di Jalan Rinjani, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Didirikan pada bulan Februari 2024, Toko Re menyediakan beragam karya seni bertema Kota Malang yang bisa dijadikan suvenir. Aneka jenis karya seni berbahan tanah liat, logam, kain, dan kertas dijajakan.

Produknya antara lain peralatan makan, rajutan, stiker, postcard, dan barang-barang lainnya yang menggambarkan Kota Malang.

Toko Re dikelola tiga perempuan, yaitu Senja, Sarah, dan Una. Mereka tak hanya mengurus toko melainkan juga sebagai seniman pembuatan karya seni. Ketiganya bekerja sama dengan ilustrator utama, Lintang, untuk menciptakan berbagai produk dengan tampilan yang memikat.

Toko ini juga menjadi wadah bagi seniman-seniman lokal Kota Malang untuk memamerkan karya-karya mereka kepada publik.

Senja menjelaskan bahwa awalnya Toko Re dimaksudkan sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh khas Malang dengan sentuhan modern. Namun pada perkembangannya, Toko Re berkembang menjadi ruang bagi seniman-seniman lokal.

Kami memutuskan untuk menjadikan Toko Re sebagai wadah bagi para seniman lokal asal Kota Malang untuk bisa menunjukkan karyanya, kata Senja.

Langkah mereka disambut hangat seniman Kota Malang. Respons para seniman Kota Malang sangat antusias. Banyak sekali para seniman yang mendaftar waktu itu, tutur Senja.

Toko yang bersebelahan dengan Kafe Retawudeli buka setiap hari. Pada Senin hingga Jumat buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, dan pada akhir pekan dari pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.

Topik Menarik