Manfaat Kulit Manggis yang Dapat Cegah Kangker, Cek Faktanya Disini!

Manfaat Kulit Manggis yang Dapat Cegah Kangker, Cek Faktanya Disini!

Gaya Hidup | pandeglang.inews.id | Minggu, 17 Maret 2024 - 09:14
share

PANDEGLANG, iNewsPandeglang, id -Kulit manggis telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena dianggap memiliki sifat-sifat yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk potensi untuk mencegah kanker.

Namun, penting untuk dicatat bahwa klaim ini masih perlu diteliti lebih lanjut dan tidak ada bukti yang cukup kuat untuk mendukung penggunaan kulit manggis secara eksklusif sebagai pengobatan kanker.

Meskipun demikian, beberapa penelitian awal menunjukkan ada potensi manfaat dari ekstrak kulit manggis dalam pencegahan kanker.

Berikut Manfaat Kulit Manggis yang Dapat Cegah Kangker, Cek Faktanya Disini!

  • Antioksidan tinggi

Kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti xanthone.

Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

Beberapa penelitian in vitro menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Namun, penelitian ini masih dalam tahap awal dan perlu dilakukan lebih banyak penelitian.

Kulit manggis mengandung senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi. Peradangan kronis dapat memicu pertumbuhan sel kanker, sehingga mengurangi peradangan yang dapat membantu mencegah kanker.

Beberapa studi praklinis menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan tumor (pada hewan). Sedangkan untuk uji klinis terhadap manusia masih harus diteliti dengan baik.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada makanan atau suplemen tunggal yang dapat sepenuhnya mencegah atau menyembuhkan kanker.

Pencegahan kanker terbaik adalah dengan menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan, termasuk pola makan seimbang, olahraga teratur, tidak merokok, dan menjaga berat badan yang sehat.

Jika kamu memiliki riwayat keluarga atau kekhawatiran kanker, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan nasihat yang tepat.

Topik Menarik