Kebaya Nusantara Menjadi Pemersatu Bangsa 

Kebaya Nusantara Menjadi Pemersatu Bangsa 

Gaya Hidup | mamuju.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 13:20
share

JAKARTA, iNewsMamuju.id -- Memperingati Hari Kartini dan menjelang perayaan Hari Kebaya Nasional tanggal 24 Juli, Tim Nasional Kebaya Indonesia bekerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta mengadakan Temu Komunitas Pencinta Kebaya. 

Acara yang berlangsung pada Sabtu 27 April dihadiri Sidarto Dhanusubroto Dewan Pertimbangan Presiden dan 11 komunitas pengusul Hari Kebaya Nasional Perempuan Indonesia Maju, Pencinta Sanggul Nusantara, Perempuan Berkebaya Indonesia, Pertiwi Indonesia, Kebaya Foundation, Komunitas Notaris Indonesia Berkebaya, Himpunan Ratna Busana Surakarta, Cinta Budaya Nusantara, Rampak Sarinah, Citra Kartini Indonesia, Warisan Budaya Indonesia Foundation, dan juga perwakilan komunitas-komunitas budaya.

Acara diisi dengan Talkshow bertema Kebaya Nusantara Pemersatu Bangsa dengan nara sumber dari Tim Nasional Kebaya Indonesia Lana T Koentjoro, Miranti Serad Ginanjar, RAy.Febri Hapsari Dipokusumo dan Dr.Suciati, SPd, MDs dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Lana T Koentjoro selaku Ketua Tim Nasional Kebaya Indonesia menyatakan bahwa Hari Kebaya Nasional telah dicanangkan tanggal 24 Juli melalui Keputusan Presiden no. 19 tahun 2023, dan Lana berharap seluruh komunitas pencinta kebaya, lembaga dan organisasi serta institusi pendidikan untuk senantiasa menggaungkan kebaya dengan berbagai kreativitas. 

Miranti Serad Ginanjar dalam talkshow tersebut menyampaikan perlunya kebaya dilestarikan melalui kurikulum tata busana di sekolah.


Miranti Serad Ginanjar saat menjadi narasumber Hari Kebaya Nasional

Dalam kesempatan tersebut, Dr.Suciati SPd, MDs memaparkan pengertian kebaya dengan jenis-jenis kebaya yang ada di Indonesia. Sementara itu RAy.Febri Hapsari Dipokusumo hadir dengan berbagai jenis kain batik yang memiliki makna filosofi untuk dipahami dalam pemakaiannya. 

Acara juga diisi dengan peragaan kebaya oleh Arsita Craft by Arsita Resmisari dan tutorial kebaya encim Betawi serta sanggul cepol yang dibawakan oleh Pencinta Sanggul Nusantara.

Topik Menarik