Lemas saat Berpuasa? Ini Tips Asupan Pola Makan Rekomendasi Dosen FK IPB University

Lemas saat Berpuasa? Ini Tips Asupan Pola Makan Rekomendasi Dosen FK IPB University

Gaya Hidup | bogor.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 23:44
share

BOGOR, iNewsBogor.id - Momen puasa Ramadhan selalu menjadi momen spesial bagi umat Islam karena hanya bisa dirasakan satu tahun sekali. Menjalani hari hari puasa yang menguras fisik, penting untuk mempersiapkan kondisi tubuh dan pola makan yang baik.

Pakar kesehatan masyarakat sekaligus dosen Fakultas Kedokteran IPB University, dr Yusuf Ryadi, MKM, memberikan tips asupan pola makan yang harus dijaga setiap muslim agar kondisi tubuh tetap bugar meski dalam kondisi berpuasa.

Sejatinya, puasa tidak dilakukan untuk menghilangkan kewajiban lainnya. Jadi, jangan sampai dengan menjalankan puasa malah menjadi hambatan untuk melakukan kegiatan produktif sehari-hari hanya karena lemas saat berpuasa, ungkapnya.


Pakar kesehatan masyarakat sekaligus dosen Fakultas Kedokteran IPB University, dr Yusuf Ryadi, MKM. (Foto : Istimewa)

Agar tidak lemas saat puasa, ia menyebutkan ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan. Berikut 5 jenis makanan yang bisa anda konsumsi agar tetap bugar saat menjalani ibadah puasa :

1. Nasi merah, roti gandum, oatmeal, kentang, ubi jalar

Makanan-makanan di atas merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat membuat tubuh mendapatkan energi dan rasa kenyang lebih lama. Konsumsi karbohidrat kompleks harus disesuaikan dengan kebutuhan harian. Jika berkaca pada teori Isi Piringku, kebutuhan karbohidrat umumnya sekitar 2/3 dari 1/2 piring setiap satu kali makan.

2. Daging ayam, ikan, telur, tempe, tahu

Sumber protein hewani dan nabati ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa. Namun, jumlah protein yang dibutuhkan tentunya bervariasi bagi setiap individu sesuai dengan berbagai faktor, seperti berat badan, tingkat aktivitas, usia, dan lain-lain.Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein minimal 1/3 dari isi piring saat sahur, kamu akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani hari selama berpuasa.

3. Alpukat dan minyak zaitun

Sebagai sumber bahan makanan tinggi lemak baik, alpukat dan minyak zaitun cocok untuk dijadikan menu rutin saat berpuasa. Dengan porsi yang sesuai, lemak baik akan bisa membantu tubuh tetap berenergi seharian. Contoh kecil bisa diterapkan pada buah alpukat. Buah alpukat dengan ukuran normal, bisa dibagi menjadi tiga kali sajian (saat sahur, berbuka dan malam hari) sebagai asupan pendukung saat berpuasa. Meski begitu, konsumsinya juga harus dibarengi dengan asupan gizi seimbang lainnya, ya.

4. Sayuran dan buah-buahan

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kadar air tinggi seperti timun, lobak, semangka, dapat menjadi pilihan. Hal tersebut dikarenakan saat berpuasa, manusia membutuhkan asupan air yang cukup agar dapat kuat dalam menjalani ibadah puasa seharian.

5. Daging merah, hati ayam, bayam, kacang-kacangan

Makanan ini dapat dijadikan sebagai sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi, tubuh akan terhindar dari anemia, kelelahan dan pusing. Apalagi, saat harus menjalankan ibadah puasa seharian penuh.

Selain 5 rekomendasi makanan tersebut diatas. dr Yusuf juga memberikan beberapa makanan yang mesti kamu hindari saat bulan Ramadan. Mulai dari makanan yang tinggi lemak, gula, garam dan kafein. Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko lemas dan berbagai masalah lainnya di tengah ibadah puasa, jelas dr Yusuf.

Topik Menarik