3 Resep Olahan Timun Suri untuk Buka Puasa, Segar Penghilang Dahaga

3 Resep Olahan Timun Suri untuk Buka Puasa, Segar Penghilang Dahaga

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:00
share

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengolah timun suri menjadi hidangan buka puasa yang segar dan lezat. Buah ini eksis dan selalu di buru selama bulan Ramadan.

Cara mengolah timun suri pun sangat mudah. Untuk dijadikan hidangan buka puasa , Anda bisa membuat aneka minuman dingin dengan rasa manis dan menyegarkan.

Jangan lupa tambahkan bahan lainnya seperti selasih, nata de coco, strawberry, agar-agar hingga es batu. Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk memberikan kesan segar pada olahan timun suri ini.

Resep Olahan Timun Suri untuk Buka Puasa

Berikut deretan resep olahan timun suri untuk buka puasa dirangkum dari Cookpad, Sabtu (16/3/2024).

1. Es Timun Suri Biji Selasih

Bahan-bahan: 500 gr timun suri250 gr nata de coco100 gr buah strawberry2 sdm biji selasihSimple sirup rasa pisang Ambon secukupnya500 ml airEs batu secukupnyaAgar-agar secukupnya

Cara Membuat:

Masukkan biji selasih ke dalam mangkuk dan rendam hingga mengembang. Potong agar-agar dan strawberry yang sudah disiapkan dan masukkan ke dalam wadah.

Tambahkan nata de coco, timun suri, dan aneka bahan lainnya yang telah disiapkan ke dalam wadah. Berikan air, lalu tambahkan es batu dengan siraman simple sirup secukupnya. Sajikan.

2. Es Timun Suri Jeruk Nipis

Bahan-bahan: 1/3 gelas timun suri, potong dadu atau kerok menggunakan sendok1 buah jeruk nipis yang sudah diperas3 sdm gula merah cair1/3 gelas es batuAir secukupnya

Cara Membuat: Masukkan es batu ke dalam gelas, tambahkan gula merah cair, timun suri, air, dan perasan air jeruk nipis. Aduk ketika ingin dinikmati dan sajikan.

3. Es Campur Timun Suri

Bahan-bahan:

2 buah timun suri, dikupas dan dipotong dadu kecil1 buah kelapa muda, dipotong kecil-kecil200 gram nata de coco atau sesuai selera100 gram agar-agar, dipotong kecil500 ml santan200 ml air kelapa150 gram gula pasir atau disesuaikan dengan seleraEs serut secukupnya

Cara Membuat:

Campurkan santan, air kelapa, dan gula pasir dalam panci. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga gula larut. Tambahkan agar-agar ke dalam panci. Aduk hingga agar-agar larut dan campuran mendidih. Matikan api, biarkan campuran sedikit mendingin.

Tambahkan potongan timun suri, kelapa muda, nata de coco, dan agar-agar yang sudah didinginkan ke dalam mangkuk besar. Aduk rata. Sajikan dalam mangkuk saji, tambahkan es serut secukupnya. Es campur timun suri siap disajikan untuk buka puasa.

Topik Menarik