Instalasi Interactivity Gaungkan Keselarasan dalam Pameran ARCH:ID 2024

Instalasi Interactivity Gaungkan Keselarasan dalam Pameran ARCH:ID 2024

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 28 Februari 2024 - 18:39
share

JAKARTA - Pameran arsitektur terbesar di Indonesia, ARCH:ID, garapan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) kembali hadir di ICE BSD dengan tema “Placemaking: Tolerance”. Acara yang berlangsung selama empat hari ini dihadiri oleh para arsitek profesional, instansi pemerintah, perencana kota dan terbuka bagi kalangan publik.

Pameran ini diramaikan oleh para perusahaan manufaktur material arsitektur, salah satunya Knauf Indonesia sebagai market leader dalam kategori manufaktur papan gypsum. Partisipasinya dalam ARCH:ID tahun ini menampilkan tiga produk unggulannya papan gypsum Jayaboard® SHEETROCK® PROTECH, Knauf Cleaneo® dan AQUAPANEL® cement-board.

Bekerja sama dengan Adi Purnomo selaku principal dari Mamostudio, booth Knauf Indonesia mengusung tema Interactivity. Dalam proses desainnya Adi Purnomo ingin memperlihatkan kemungkinan pola-pola kegiatan dalam ruang publik, ruang sirkulasi ataupun ruang privat.

“Kami menganggap keseluruhan ARCH:ID adalah representasi tatanan lingkungan kota dimana booth ini menjadi bagian di dalamnya. Bagaimana booth “privat” Interactivity yang menampilkan tiga produk dapat berinteraksi terhadap sirkulasi publik menjaga keselarasan dengan tatanan yang ada, sesuai dengan tema ARCH:ID tahun ini yaitu Toleransi,” ucap Adi Purnomo.

“Ketiga produk ini memiliki fitur flexible design yang mampu mendukung kebebasan berekspresi dari arsitek sehingga selaras dengan visi misi desainnya,” tutur Raden Krismahadianto selaku Brand & Marketing Communication Manager Knauf Indonesia.

 

Pameran ARCH:ID 2024. (Foto: dok Jayaboard)

Selain keselarasan dalam hal desain dan estetika, imbuhnya, Knauf Indonesia juga ingin mengajak masyarakat untuk menjalani keselarasan hidup dengan lingkungan. “Oleh karena itu ketiga produk yang kami tampilkan dalam pameran tahun ini merupakan representasi dari salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam menjaga lingkungan yang berkelanjutan yaitu melalui pemilihan material yang tepat,” ujarnya.

“Ketiga produk ini selain ramah lingkungan karena tergolong dry-construction, namun juga aman bagi kesehatan, bahkan produk papan gypsum Jayaboard® SHEETROCK® PROTECH memiliki teknologi Air-Purifying yang mampu menjaga kualitas udara dalam ruangan sehingga dapat mendukung kesehatan penghuni rumah,” katanya.

Menurutnya, selain dari sisi performa produk, dari sisi manufaktur Knauf global juga tengah merencanakan produksi ramah lingkungan dengan menargetkan zero emission pada 2045. Hal ini merupakan langkah yang signifikan demi mewujudkan kontribusi kami dalam menjaga lingkungan untuk generasi ke depan.

Topik Menarik