Keren! Seniman Ini Melukis dengan Api, Hasilkan Karya yang Menakjubkan

Keren! Seniman Ini Melukis dengan Api, Hasilkan Karya yang Menakjubkan

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 4 Februari 2023 - 23:39
share

JAKARTA, celebrities.id - Seorang seniman asal Nigeria bernama Alex Peter Idoko memakai teknik yang tak biasa dalam melukis. Biasanya seniman menggunakan cat cair, dirinya malah menggunakan api.

Alex melukis menggunakan api, pisau cukur dan amplas, untuk membuat sebuah potret realistis yang memukau dengan nuansa sepia.

Teknik Pyrography atau melukis dengan api, merupakan sebuah seni menarik yang melibatkan dekorasi kanvas kayu dan bekas luka bakar yang dihasilkan dari api. Dekorasi tersebut dibuat dari api yang dikendalikan atau sebuah instrumen yang dipanaskan.

Seni melukis dengan api merupakan salah satu seni yang cukup sulit dibuat, karena bila terjadi kesalahan akan sulit diperbaiki. Hal itu karena sifat api yang merusak.

Tapi, sejumlah seniman menguasai teknik lukis yang tidak biasa tersebut dengan sangat baik, sehingga mereka bisa membuat karya seni berkualitas foto, yang hampir tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang.

Seniman Alex Peter Idoko merupakan salah satu seniman yang menyukai teknik melukis dengan Api. Pria berusia 31 tahun tersebut, sudah menyukai seni potret sejak kecil.

Alex berlatih graphite, charcoal, dan pastel dalam waktu yang lama, namun akhirnya dia tertarik pada Pyrography karena efek visualnya yang kuat.

Biasanya, Alex menghabiskan waktu setidaknya satu bulan, atau bahkan beberapa bulan untuk mengerjakan sebuah karya Pyrography. Adapun tema-tema yang diusung oleh Alex yakni seputar tentang kebebasan.

"Tema saya didasarkan pada realitas Afrika, kebebasan, advokasi untuk perubahan, dan solusi untuk tantangan, Seni adalah bahasa yang bisa dibaca orang. Selama Anda terhubung dan menafsirkan hati Anda, orang akan selalu mengerti bahasa itu," kata seniman Nigeria seperti yang dikutip odditycentral, Sabtu (4/2/2023).

Sebagai informasi, membuat potret hiper realistis dengan gambar dan alat lukis konvensional terbilang cukup sulit, terlebih lagi dengan melukis menggunakan api dan obor bertenaga gas, tentunya terdapat kesulitan tersendiri.

Meski terbilang cukup sulit, tapi Alex sukses membuat potret yang menakjubkan. Setelah melukis dengan api, untuk mencerahkan warna kulitnya Alex menggunakan silet dan amplas untuk mencerahkan warna kulit objek yang dilukisnya.

Karena karya seni lukis dengan metode yang tidak biasa tersebut terlihat sangat menakjubkan. Alex pun mendapat banyak pujian di media sosial dari para netizen.

Topik Menarik