6 Makanan Terlarang Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Tinggi Purin!

6 Makanan Terlarang Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Tinggi Purin!

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 11:30
share

ASAM urat memang kerap kali terjadi pada kelompok usia lanjut. Namun jangan salah! Kini sudah taka sing lagi juga dirasakan oleh orang-orang di kelompok usia muda loh! Ya, tak pandang usia, asam urat bisa menghinggapi apabila tidak menjaga pola makan sehari-hari.

Asam urat merupakan kondisi yang menimbulkan gejala nyeri hebat pada beberapa bagian tubuh dan juga disertai adanya pembengkakan. Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi menyebabkan meningkatkan asam urat dalam tubuh. Jika dibiarkan, maka asam urat dapat mengkristal dan menimbulkan sejumlah risiko kesehatan.

Oleh karenanya, beberapa makanan tinggi purin yang bisa picu meningkatnya kadar asam urat ini terlarang bagi para penderita asam urat. Apa saja makanan tersebut? Berikut uraian singkatnya, sebagaimana dihimpun dari Web MD dan Health UMMS, Rabu (8/5/2024)

1.Daging organ atau jeroan : Hindari konsumsi daging organ atau jeroan seperti hati, ginjal dan jantung. Sebab jeroan mengandung purin yang sangat tinggi. Jika Anda penggemar jeroan, maka Anda sebaiknya konsumsi dalam waktu yang jarang dan dalam porsi yang sedikit saja. Tetapi lebih baik jika benar-benar mulai konsisten membatasi konsumsi makanan tersebut.

(Foto: Instagram @ericekos)

2.Seafood: Para penggemar seafood sebaiknya hati-hati jika mengkonsumsi terlalu banyak makanan seafood seperti lobster, kepiting, udang, kerang yang tinggi purin. Selain itu, ikan-ikanan seperti sarden, ikan teri, ikan cod, herring, haddock, dan trout, juga mengandung purin yang tinggi loh!

Topik Menarik