5+ Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Mudah dan Tepat

5+ Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Mudah dan Tepat

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 07:07
share

BATU, iNews.id - HP kamu cepat panas? tenang, ada banyak cara mengatasi HP cepat panas yang bisa kamu lakukan dengan mudah da pastinya tepat. Jika penangannya tidak tepat, maka bisa menimbulkan kerusakan pada HP.

Saat ini memang HP menjadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi, sebab semua aktivitas baik bekerja maupun sekolah pasti membutuhkan HP sebagai alat komunikasi maupun alat untuk mencari informasi. Dari sini, tentu intensitas penggunaan HP pasti akan sering.

Penggunaan HP yang terlalu sering juga bisa timbulkan kerusakan baik ringan maupun berat. Bentuk kerusakannya seperti HP mudah panas, baterai sering cepat habis, kualitas baterai HP yang menurun, dan lain sebagainya.

Salah satu kerusakan akibat penggunaan HP yang terlalu sering adalah HP cepat panas.Tentu jika ini dirasakan oleh pengguna, pasti akan merasa tidak nyaman, apalagi saat-saat akan dipakai untuk bekerja. Tentu sangat tidak nyaman bukan?

Terlebih lagi jika HP dalam posisi yang tidak digunakan, tetapi tiba-tiba panas. Pasti sangat merisaukan.

Untuk mengatasi HP yang cepat panas, sebelumnya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab HP cepat panas di bagian atas, LCD atau bagian lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya, akan semakin mudah untuk mencari solusinya.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

1. Cek Kondisi Baterai HP Secara Berkala

Tahukah kamu apa penyebab HP panas padahal tidak digunakan? Kondisi ini biasa terjadi pada HP yang sudah lama digunakan. Penyebabnya adalah kondisi baterai yang sudah tidak bagus lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, segera ganti baterai dengan yang baru jika sudah usang atau rusak. Untuk mengecek kondisi baterai apakah masih bagus atau tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi Current Widget: Battery Monitor.

2. Kurangi Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Aplikasi yang terbuka secara bersamaan juga bisa menjadi penyebab HP cepat panas. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat HP menjadi lebih cepat rusak dan baterai lebih cepat habis.

Untuk mengatasi masalah ini, sebisa mungkin tutup aplikasi yang tidak digunakan. Selain membuat HP tidak bekerja terlalu keras, cara ini juga ampuh untuk menghemat baterai.

3. Hapus File Sampah Secara Berkala

Kebiasaan malas membersihkan file sampah di HP ternyata juga bisa menjadi penyebab HP cepat panas. Berbagai file sampah seperti data cache hingga cookies yang sudah menumpuk membuat CPU dan RAM HP tidak bisa bekerja dengan optimal. Kondisi ini akan membuat baterai HP menjadi lebih cepat panas.

Cara mengatasi HP panas Samsung atau jenis lainnya karena masalah ini dapat diatasi dengan rajin menghapus file sampah secara berkala. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master. Selain bisa menurunkan suhu HP, aplikasi ini juga membuat performa HP lebih optimal.

4. Gunakan Charger HP yang Original

Saat charger HP rusak, tidak sedikit orang yang memilih membeli charger abal-abal atau palsu karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan charger original. Namun siapa sangka, hal ini justru bisa menjadi penyebab HP cepat panas.

Tidak hanya itu, penggunaan charger palsu juga bisa membuat baterai HP lebih cepat rusak.

Untuk menghindari masalah HP cepat rusak dan cepat panas, selalu gunakan charger yang original. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, akan tetapi kualitas charger original lebih aman untuk HP.

Untuk memastikan charger yang kamu gunakan asli atau tidak, gunakan aplikasi Ampere.

5. Biasakan mengistirahatkan HP Setelah Streaming atau Bermain Game

Saat ini pasti sudah banyak orang menyukai streaming video, namun siapa sangka jika kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab HP cepat panas.

Streaming dan bermain game pasti membutuhkan koneksi internet yang kuat sehingga pasti akan menguras daya HP. Hal inilah yang membuat HP menjadi lebih cepat panas dan baterai HP juga lebih cepat habis.

Idealnya HP hanya bisa digunakan untuk bermain game atau streaming selama 1-2 jam. Setelah itu istirahatkan HP beberapa saat agar GPU HP bisa normal kembali. Dengan begitu suhu HP akan turun dan tidak panas lagi.

6. Matikan Bluetooth dan GPS Jika Tidak Digunakan

Bluetooth dan GPS merupakan dua fitur yang membutuhkan koneksi internet dan daya yang kuat saat diaktifkan. Jika dibiarkan aktif terlalu lama, kedua aplikasi ini bisa membuat HP kamu menjadi lebih cepat panas.

Untuk membuat suhu HP tidak panas dan menghemat daya baterai, pastikan matikan Bluetooth dan GPS jika tidak sedang digunakan.

Itulah beberapa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya agar tidak menyebabkan kerusakan pada HP. Meskipun merupakan hal yang wajar, bahaya HP panas tidak bisa diremehkan.

Selain berbahaya untuk perangkat, jika suhu sudah terlalu panas bisa menyebabkan HP meledak jika disimpan dalam posisi yang kurang aman.Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik