Jangan Sepelekan Hipertensi, Ini 9 Jenis Makanan yang ‘Haram’ Dikonsumsi karena Dapat Memicu Tekanan Darah Tinggi, Ada Favoritmu Beauty?

Jangan Sepelekan Hipertensi, Ini 9 Jenis Makanan yang ‘Haram’ Dikonsumsi karena Dapat Memicu Tekanan Darah Tinggi, Ada Favoritmu Beauty?

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 23 September 2022 - 10:50
share

Beauty, tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi adalah kondisi yang sangat umum yang berdampak parah pada arteri tubuh.

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah mendorong melalui pembuluh secara konsisten lebih tinggi. Dengan kata sederhana, siapa pun yang didiagnosis dengan tekanan darah tinggi mengalami kekuatan ekstra yang konsisten dari darah yang mendorong dinding arteri. Ini berarti jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah.

Beberapa orang suka menganggap tekanan darah tinggi sebagai sesuatu yang menyertai gaya hidup, jika tak dikelola sebenarnya cukup serius. Dan sekarang, kamu akan menemukan semua yang perlu kamu ketahui tentang hipertensi bersama dengan daftar makanan yang dikuratori dengan cermat untuk menghindari tekanan darah tinggi. Apa saja daftar makanan yang dimaksud?

Dikutip dari Pink Villa, Jumat (23/9/2022), inilah 9 Jenis makanan yang harus dihindari pada penderita darah tinggi atau hipertensi, Beauty.

1. Hindari makanan yang terlalu asin

Ketika berbicara tentang daftar makanan yang harus dihindari jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, itu adalah fakta bahwa asupan natrium atau garam tak baik.

Natrium memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah. Orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi 2.300 miligram sodium per hari. Meskipun disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan buatan sendiri, jika kamu mengonsumsi banyak makanan olahan, pastikan kamu memeriksa labelnya untuk menjaga asupan natriummu tetap terkendali.

Adapun, daftar makanan kaya natrium yang umum untuk dihindari pada tekanan darah tinggi diantaranya adalah keripik, roti, pizza, sandwich, daging olahan, sup kalengan, lalu taco dan burrito

2. Hindari makanan yang terlalu manis

Gula mungkin tak berpengaruh ketika kita memikirkan makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi karena tidak secara langsung menyebabkan tekanan darah tinggi, asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tak disengaja yang pada gilirannya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Dan, daftar makanan manis yang kaya akan sirup jagung fruktosa yang harus kamu hindari untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah makanan penutup olahan, makanan pra-paket, kerupuk atau cokelat ekstra manis, bar nutrisi, selai kacang.

3. Hindari daging merah

Ketika berbicara tentang makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi, daging merah pasti muncul. Daging merah memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah secara instan. Padahal, proses metabolisme daging merah juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi .

Adapun, jenis daging merah yang harus Anda hindari, yakni daging sapi, daging domba, daging babi, daging sapi muda, daging rusa, dan daging kambing

4. Hindari lemak jenuh

Tekanan darah tinggi atau tak selalu bijaksana untuk menghindari lemak jenuh untuk gaya hidup sehat. Meskipun sulit untuk benar-benar mengurangi lemak jenuh, disarankan untuk membatasinya sebanyak mungkin.

Makanan yang kaya akan lemak jenuh antara lain, makanan penutup, seperti cokelat, permen, kue, kue kering. Lalu, daging olahan, seperti sosis, bacon. Kemudian, minyak goreng, seperti mentega, lemak babi, ghee, lemak angsa, dan minyak goreng lainnya. Dan terakhir, produk susu penuh lemak, seperti krim, susu, yogurt, dan keju

5. Hindari makanan olahan

Penting untuk dipahami bahwa makanan yang dikemas dan diproses bahkan yang tampaknya sehat dibanjiri dengan bahan pengawet. Selain itu, mereka memiliki jumlah natrium ekstra yang sangat berbahaya.

Ketika berbicara tentang makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk menghindari makanan olahan dan makanan kemasan.

6. Hindari bumbu dengan kandungan natrium atau gula yang tinggi

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi sebelum kamu membuat daftar makanan yang harus dihindari pada tekanan darah tinggi, sertakan kebiasaan sehat untuk benar-benar membaca label sebelum kamu benar-benar membeli produk.

Untuk bumbu, ada beberapa produk yang bisa dikonsumsi, namun ada juga yang dibanjiri gula dan sodium. Satu-satunya trik adalah membaca label saat kamu membeli sebotol saus tomat berikutnya.

Adapun, daftar bumbu yang harus kamu perhatikan sebelum mengonsumsinya, yakni saus tomat, saus sambal, kecap, saus salad

7. Hindari minuman yang terlalu manis

Ya, minuman sesekali tak akan membahayakan, tetapi ketika kamu secara konsisten mengonsumsi minuman atau minuman kaya gula, itu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Minuman kaya sirup jagung berkafein atau fruktosa bukanlah pilihan minuman sehat bahkan minuman rasa buah.

8. Hindari minuman berbasis alkohol

Yang ini cukup jelas, asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan beberapa kondisi kesehatan lainnya.

American Heart Association menyatakan bahwa minum alkohol berlebihan secara langsung dapat menyebabkan kondisi jantung. Juga, minuman beralkohol kaya akan kalori yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tak disengaja sehingga mengarah ke gaya hidup yang tak sehat.

9. Hindari kafein

Minuman atau makanan kaya kafein coklat dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, lho Beauty. Untuk kopi, kamu harus menggantinya dengan kopi tanpa kafein atau teh herbal. Dalam kasus cokelat dan minuman lain pastikan kamu membaca label untuk membatasi asupan kafein.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Topik Menarik