8 Hal yang Harus Diperhatikan Pasca-Operasi Plastik

8 Hal yang Harus Diperhatikan Pasca-Operasi Plastik

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 12 Agustus 2022 - 05:13
share

OPERASI plastik sering dilakukan sebagai solusi untuk mempercantik diri, termasuk para selebriti. Sebut saja Lucinta Luna. Usai menjalani operasi tracheal shave atau operasi pengecilan jakun hingga operasi rahim, kini pelantun Jom Jom Manjalita terlihat makin glowing!

Nah, jika Anda berniat melakukan operasi plastik, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan setelah prosedur itu sudah dilakukan agar Anda dapat pulih lebih cepat. Apa saja? Dihimpun dari Beverly Fischer.

operasi plastik

1. Ikuti Instruksi Dokter Anda

Potensi efek samping kemungkinan besar terjadi setelah operasi Anda. Karena itu, sangat penting untuk mengikuti semua instruksi pasca operasi ahli bedah Anda. Nantinya, Anda akan diberikan paket lengkap instruksi pasca operasi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk ini agar Anda bisa pulih dengan sehat dan cepat, serta menghilangkan potensi risiko.

2. Siapkan Support System

Anda tidak hanya akan membutuhkan bantuan setelah operasi, tetapi juga seseorang yang siap siaga menjaga Anda. Beri tahu keluarga dan teman Anda tentang operasi yang akan datang, dan pastikan Anda memiliki support system atau orang yang dapat membantu Anda memasak, membersihkan, dan melakukan tugas lain karena aktivitas Anda akan dibatasi selama masa pemulihan. Hari pertama sampai ketiga setelah operasi akan menjadi yang paling sulit, karena Anda mungkin mengalami rasa sakit yang tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki seseorang yang siap siaga di rumah Anda untuk menjaga selama pemulihan.

3. Bersiaplah Menghabiskan Waktu Kerja

Anda mungkin harus mengambil cuti satu atau dua minggu setelah prosedur operasi plastik. Atau mungkin, Anda harus merencanakan operasi plastik di sekitar hari libur yang tersedia.

4. Bersantai

Saat masa pemulihan operasi plastik, penting bagi Anda untuk membatasi aktivitas dan bersantai. Biarkan proses penyembuhan berlangsung. Jika Anda mencoba untuk terburu-buru, pemulihan mungkin memakan waktu lebih lama. Buat diri Anda sibuk, seperti membaca buku atau menonton film.

5. Diet

Karena aktivitas yang terbatas, Anda mungkin tidak dapat berlari ke toko kelontong dan memasak makanan besar untuk diri sendiri sementara waktu, jadi bersiaplah terlebih dahulu. Ingat, diet bergizi tinggi kalori dapat membantu mempercepat pemulihan Anda. Jika bisa, usahakan agar teman dan keluarga menyiapkan makanan siap saji untuk Anda, sehingga Anda bisa makan enak tanpa harus memasak sendiri.

6. Hindari Latihan atau Kelelahan

Sampai Anda diizinkan untuk melakukannya oleh dokter Anda, hindari terlalu memaksakan diri, atau olahraga yang intens. Pemulihan pasca operasi plastik melibatkan banyak penyembuhan dari jahitan dan sayatan. Dan, olahraga berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada luka yang masih dalam proses penyembuhan.

7. Minum Banyak Air

Hidrasi yang memadai sangat penting untuk perawatan pasca operasi plastik. Minum banyak air membantu mengisi kembali cairan yang hilang selama operasi.

8. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Minimalkan paparan sinar matahari. Pakailah tabir surya dan gunakan pakaian yang sesuai untuk melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Selain merusak kulit, sinar matahari juga dapat membuat Anda dehidrasi.

Topik Menarik