Si `Keras Kepala` Komandan Skuadron Tempur Wanita Pertama Singapura, Ingin Pilot Wanita Jadi Hal Biasa

Si `Keras Kepala` Komandan Skuadron Tempur Wanita Pertama Singapura, Ingin Pilot Wanita Jadi Hal Biasa

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 17:13
share

SINGAPURA Dunia penerbangan kerap didentikkan dengan dunia maskulin atau dunia pria . Terlebih jika penerbangan itu menyangkut penerbangan militer.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, komandan skuadron F-16 adalah seorang wanita. Pada 9 Agustus waktu setempat, Letnan Kolonel Senior Lee Mei Yi akan memimpin ledakan bom Salute to the Nation Parade Hari Nasional Singapura (NDP) di anjungan terapung Marina Bay. Semua orang akan melihatnya secara langsung dan di layar kecil. Diantara mereka terdapat wanita muda.

Dia mengatakan upaya untuk menampilkan pertunjukan yang bagus di NDP telah berlangsung progresif.

Pada awalnya, kami memutuskan profil (apa yang disebut penonton sebagai \'pertunjukan\') untuk memastikan mereka memenuhi tujuan misi. Kemudian, kami mengerjakan komponen yang lebih kecil untuk menguji profil misalnya, pemisahan pesawat untuk melihat seperti apa efeknya dari darat, terangnya, dikutip CNA.

Dari situ, kami berlatih simulasi berkali-kali. Kami bekerja untuk mencapai sinkronisitas (sempurna) bagi mereka yang merupakan bayangan cermin satu sama lain dan berlatih terbang dalam jarak dekat untuk menunjukkan disiplin kami dalam mengambil posisi, ujarnya.

Tugas Lee sebagai komandan adalah memastikan skuadron memenuhi persyaratan. Setiap latihan, misalnya, adalah ujian untuk melakukan manuver profil dalam batas keselamatan.

Anda memiliki visi untuk mereka dan Anda harus mengomunikasikannya. Anda menetapkan tonggak untuk mereka capai. Orang-orang di skuadron tempur biasanya berkinerja tinggi. Mereka termotivasi oleh alam. Jika Anda hanya menjelaskan kepada mereka niat melakukan sesuatu, mudah bagi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa banyak omelan sama sekali, ungkapnya.

Lee mengatakan kepada CNA Women, gender bukanlah faktor dalam hal kepemimpinan di militer.

Di antara kualitas yang dia anggap penting adalah ketahanan, kebijaksanaan untuk mempersiapkan yang tak terduga dan tentu saja, pengetahuan yang mendalam tentang profil yang terlibat dalam misi tertentu.

Terlepas dari itu, ada kebutuhan akan komunitas di mana perempuan sebagai minoritas dapat menyuarakan keprihatinan kami, ujarnya.

Komunitas tersebut hadir dalam bentuk Servicewomen Network yang menggelar acara pertamanya tahun lalu. Pada acara virtual, servicewomen mengangkat dan mendiskusikan isu-isu terkait gender yang kemudian mengemuka dengan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) Women Outreach Office, di mana inisiatif dapat dirumuskan untuk mereka.

Pada tahun ini, SAF memiliki lebih dari 1.600 prajurit wanita berseragam yang merupakan sekitar 8 persen dari pelanggan tetapnya. Sejak 2015, lebih dari 500 perempuan juga telah dilatih dan ditempatkan dalam berbagai peran sebagai sukarelawan di Korps Sukarelawan SAF.

Harapan saya adalah bahwa perempuan sangat biasa dalam posisi pilot pilot sehingga tidak perlu (untuk menyatakan siapa pun yang pertama melakukan sesuatu). Tidak ada yang perlu diteriakkan, tegasnya.

Lee memahami pentingnya menjadi wanita pertama yang mengambil perannya.

Meskipun gender tidak menjadi faktor untuk menjadi pilot pesawat tempur, kandidat perempuan tetap sedikit dan jarang.

Dengan berbagi cerita saya, saya berharap dapat membantu wanita lain melihat bahwa ini adalah jalan yang mungkin untuk dicita-citakan, (bahwa mereka dapat memiliki tempat) di militer atau industri tradisional lainnya yang didominasi pria, terang wanita berusia 37 tahun itu. kepada CNA Women.

Tumbuh dewasa, orang tua Lee menggambarkannya sebagai sosok yang "keras kepala dan pemarah." Tetapi Lee menganggap dirinya lebih sebagai "keras kepala".

Saya menyukai tantangan. Saya suka melakukan hal-hal yang berbeda. Saya selalu tahu saya ingin belajar di luar negeri karena saya ingin melihat ke luar Singapura dan memperluas perspektif saya, katanya.

Pada saat yang sama, Lee tertarik pada gagasan untuk memberi kembali kepada negara, memiliki apa yang dia gambarkan sebagai kehidupan keluarga yang "stabil".

Dia juga merasa beruntung karena dikelililingi banyak tokoh panutan. Banyak senior saya di Raffles Girls School bergabung dengan layanan ini. Saya akan melihat mereka di pameran karir dan mereka akan memberi tahu saya tentang pekerjaan mereka, dan saya merasa itu sangat menarik dan bermakna, terangnya.

Lee kemudian bergabung dengan tim kano di perguruan tinggi juniornya, di mana dia bertemu lebih banyak teman yang berpikiran sama.

Ketika dia selesai sekolah, dia dan beberapa rekan tim kano lainnya pergi bersama untuk wawancara untuk mendaftar ke militer. Dua di antaranya berhasil lolos ke pelatihan dasar militer.

Di sana, ia bertemu dengan mantan pilot helikopter RSAF Poh Li San, sekarang menjadi Anggota Parlemen GRC Sembawang dan Wakil Presiden di Grup Bandara Changi.

Peleton wanita saya sedang membantu di maraton SAF ketika dia memperkenalkan dirinya kepada kami. Ini adalah pertama kalinya saya bertemu dengan seorang pilot wanita dan saya sangat terkesan. Itu memungkinkan saya untuk melihat apa yang mungkin, lanjutnya.

Setelah pelatihan, hanya Lee yang memutuskan untuk tetap di militer. Dia menerima Beasiswa Merit SAF untuk Wanita dan terbang ke Chicago, di mana dia menyelesaikan gelar dalam Studi Internasional.

Sekarang, sudah cukup jelas bahwa dia akan memilih kehidupan seorang pilot.

Saya tidak bisa berenang dengan baik sehingga Angkatan Laut keluar dan sementara saya tertarik pada aspek fisik menjadi tentara, terbanglah yang paling menarik bagi saya, ujarnya.

Saya tidak yakin (saya akan lolos) pada awalnya karena penglihatan saya buruk saya menderita miopia tetapi untungnya saya diizinkan untuk menjalani operasi mata korektif, tambahnya.

CNA pun sempat bertanya, apakah Top Gun atau film lain memiliki peran dalam keputusannya dan menjadi inspirasi baginya?

Sebenarnya, acara yang membuat saya terobsesi saat itu adalah Buffy The Vampire Slayer. Ini tidak ada hubungannya dengan terbang tetapi memiliki karakter wanita yang kuat. Sampai batas tertentu, acara itu membuat saya bertekad untuk menempuh jalur karier yang berbeda, paparnya.

Topik Menarik