Pembangunan Jalan dan Gedung Perkantoran di IKN Dimulai Semester II-2022

Pembangunan Jalan dan Gedung Perkantoran di IKN Dimulai Semester II-2022

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 03:15
share

IDXChannel - Proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal segera dimulai. Presiden Jokowi ingin pada 2024 sudah ada aktivitas yang dilakukan di sana, minimal upacara seremonial memperingati kemerdekaan pada 17 Agustus.

Ketua Tim Komunikasi IKN, Sidik Pramono mengatakan kemungkinan bakal mulai dilakukan konstruksi mulai semester II 2022. Namun pembanguan yang bakal mulai dilakukan terutama adalah jalan akses logistik dan menyusul gedung perkantoran.

"Tapi pasti insyaallah semester II sudah mulai, jadi pembangunan perkantoran terus jalan logistik terutama untuk akses logistik khsusnya dikawasan KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan)," ujar Sidik kepada MNC Portal, Minggu (29/5/2022).

Namun Sidik menjelaskan hingga saat ini belum ada detail pembangunannya, sebab menurutnya saat ini masih menunggu proses sayembara tender yang belum selesai.

"Terus nanti juga ada proses pengadaan, nanti semester II sudah ada aktivitas pembanguan dan konstruksi disana," lanjut Sidik.

Sedangkan untuk pembuangan bendungan, Sidik mengatakan hingga 2030 bakal menggunakan 1 bendungan terlebih dahulu, yaitu bendungan Sepaku Semoi, dari rencana membangun 3 bendungan untuk suplai air baku ke IKN Nusantara.

"Sampai 2030 ada tiga bendungan yang bakal dibangun di IKN Nusantara, pertama itu sepaku semoi, kalau sampe 2030 itu masih cukup untuk menyuplai air baku ke IKN Nusantara" kata Sidik.

Seperti diketahui saat ini BUMN maupun swasta tengah berkontestasi untuk memperebutkan tender proyek pembangunan IKN Nusantara. Melalui APBN, pemerintah menyiapkan dana setidaknya sekitar Rp66 triliun untuk tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan, bakal dianggarkan kembali di tahun ini.

Secara terpisah, Direktur Operasi III Waskita Karya Tbk, Gunadi menyebut dalam pembangunan IKN Nusantara semua BUMN Karya akan dilibatkan, yang saat ini juga tengah melakukan \'beauty contest\' desain mana yang paling bagus.

"Kalau apbn dari informasi yang saya terima itu di tahuun 2022 Rp66 T kemudian tahun berikuutnya ada alokasi," tutupnya. ( RAMA )

Topik Menarik