Begini Cara Bupati Jepara Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Anak-anak di Pulau Karimunjawa

Begini Cara Bupati Jepara Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Anak-anak di Pulau Karimunjawa

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 07:59
share

JEPARA, iNews.id - Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak anak-anak di Pulau Karimunjawa untuk menumbuhkan semangat kebangsaan. Karena ini salah satu cara untuk menjaga keutuhan dan kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan berbagai tantangannya.

Momen itu terekam saat Dian Kristiandi mengunjungi para siswa di SMP Negeri 1 Karimunjawa. Orang nomor satu di Jepara ini membagikan 186 paket pendidikan untuk anak-anak kepulauan Karimunjawa.

Usai menyerahkan bantuan pendidikan, Bupati Dian Kristiandi mengajak berdialog sejumlah siswa. Mereka yang merupakan anak-anak dari berbagai suku di Indonesia. Mulai dari suku Jawa, Madura, Bugis Mandar, Bajo, hingga Jawa.

Beberapa siswa diminta bupati untuk maju. Revan mewakili teman-temannya dari suku Madura, Labao mewakili anak anak Bajo, dan Nizar yang merupakan anak-anak suku Bugis.

Menurut Andi, perbedaan suku jangan dijadikan sebagai halangan untuk menjalin kerukunan. Tetapi dijadikan sebagai kekuatan bangsa yang harus terus dijaga.

Karimunjawa ini beragam suku dan cukup lengkap. Jika kalian rukun, kalian bisa menjadi percontohan Indonesia dalam hal kerukunan, kata Andi, Sabtu (14/5/2022).

Perbedaan suku bukan sebuah halangan, tetapi merupakan sebuah kekuatan yang harus dijaga. Dalam kesempatan itu pula, Andi mengajak siswa siswi untuk menyanyikan lagu kebangsaan, sekaligus mengajak untuk berani mengemukakan pendapat.

Para siswa secara bersama-sama menyanyikan sejumlah lagu nasional Indonesia seperti Tanah Airku, ciptaan Ibu Sud hingga Garuda Pancasila. Untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, setiap pagi sebelum pelajaran dimulai para siswa diharuskan menyanyikan lagu-lagu nasional untuk menggugah semangat mereka.

Saya titip pesan kepada bapak ibu guru. Sebelum pelajaran dimulai anak-anak diajak untuk menyanyikan lagu nasional Indonesia juga lagu-lagu daerah, ujarnya.

Selain SMP N 1 Karimunjawa bantuan juga diserahkan untuk siswa SMP N 2 Karimunjawa. Dia juga membantu lanjutan pembangunan lapangan tenis sebesar Rp100 juta, bantuan alat peraga Biologi dan Fisika senilai Rp35 juta.

Bantuan juga diberikan untuk SMP N 2 Karimunjawa berupa pagar keliling sebesar Rp200 juta dan ruang laboratorium TIK Rp194 juta.

Untuk Sekolah Dasar (SD) Karimunjawa mendapat bantuan lanjutan pembangunan perpustakaan senilai Rp75 juta. Bupati juga memberikan bantuan laptop sebanyak 6 SD se-Karimujawa.

Dia juga mengalokasikan bantuan siswa kurang mampu masing-masing Rp500.000 dengan total anggaran Rp111,5 juta, bantuan siswa berprestasi tingkat rombel dengan total Rp517 juta, juga beasiswa Tahfidz Quran bagi siswa SMP dengan total anggaran Rp62,5 juta.

Topik Menarik