Surat Ar Rahman Ayat 55

Surat Ar Rahman Ayat 55

Gaya Hidup | inewsid | Kamis, 12 Mei 2022 - 15:55
share

JAKARTA, iNews.id - Surat Ar Rahman Ayat 55 menjelaskan tentang banyaknya nikmat Allah SWT yang diberikan kepada manusia dan jin. Nikmat-nikmat Tuhan tampak jelas pada manusia hingga mereka tidak dapat mengingkarinya atau tidak mengakuinya.

Dalam ayat 55 ini, Allah SWT menantang umat manusia dan golongan jin untuk menunjukkan nikmat manakah yang didustakan.

Ustaz Abdul Somad mengatakan, ada 31 ayat dengan lafadz Fabiayyi Aalaaa Irobbikumaa Tukadzibaan dalam Surat Ar Rahman yang artinya Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?"

Ayat tersebut mengandung arti agar manusia untuk mensyukuri atas semua nikmat yang telah Allah berikan.

Surat Ar Rahman merupakan surat ke-55 dalam Alquran. Ar Rahman artinya "Yang Maha Pemurah". Surat ini termasuk surah Makkiyyah. Surat Ar Rahman mengajarkan kepada manusia dan jin untuk pandai-pandai bersyukur atas nikmat Allah.

Berikut bacaan Surat Ar Rahman Ayat 55 : Arab, Latin, Arti, Tafsir:

Latin: Fabi ayyi aalaaaa i rabbikumaa tukadzdzibaan

Arti: Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Tafsir Surat Ar Rahman Ayat 55:

Dikutip dari tafsir Kemenag, dalam ayat 55 Surat Ar Rahman ini, Allah SWT menantang manusia dan jin; nikmat manakah dari nikmat-nikmat yang telah mereka rasakan itu yang mereka dustakan.

Yang dimaksud dengan pendustaan nikmat-nikmat tersebut adalah kekafiran mereka terhadap Tuhan mereka, karena mempersekutukan tuhan-tuhan mereka dengan Allah.

Dalam peribadatan adalah bukti tentang kekafiran mereka terhadap tuhan mereka, karena nikmat-nikmat itu harus disyukuri, sedangkan syukur artinya menyembah yang memberi nikmat-nikmat kepada mereka.

Ayat tersebut diulang-ulang dalam surah ini 31 banyaknya untuk memperkuat tentang adanya nikmat dan untuk memperingatkannya.

Dari itu, sambil Allah menyebut satu per satu dari nikmat-nikmat tersebut Dia memisahkannya dengan kata-kata memperingati dan memperkuat tentang adanya nikmat-nikmat tersebut.

Susunan kata serupa ini banyak terdapat dalam bahasa Arab, dari itu telah menjadi kebiasaan bahwa seorang mengatakan kepada temannya yang telah menerima kebaikannya, tetapi ia mengingkarinya. "Bukankah engkau dahulu miskin, lalu aku menolongmu sehingga berkecukupan? Apakah engkau mengingkarinya? Bukankah engkau dahulu tidak berpakaian, maka aku memberi pakaian; apakah engkau mengingkarinya?

Bukankah engkau dahulu tidak dikenal, maka aku mengangkat derajatmu, lalu engkau menjadi dikenal apakah engkau mengingkarinya?" Seakan-akan Allah swt berkata, "Bukankah Aku (Allah) menciptakan manusia, mengajarnya pandai berbicara, Aku jadikan matahari dan bulan beredar menurut perhitungan.

Aku jadikan bermacam-macam kayu-kayuan. Aku jadikan aneka ragam buah-buahan, baik di dusundusun maupun di bandar-bandar untuk mereka yang beriman dan kafir kepada-Ku, terkadang Aku menyiraminya dengan air hujan, adakalanya dengan air sungai dan alur-alur; apakah kamu hai manusia dan jin mengingkari yang demikian itu?"

Keutamaan Surat Ar Rahman:

Ada banyak keutamaan membaca Surat Ar Rahman. Berikut 5 rahasia keutamaan surat Ar rahman:

1. Menambah Rasa Syukur

Dari Ubay Bin Kab ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda Barangsiapa membaca surat Ar Rahmaan niscaya Allah rahmati ketiada berdayaannya dan ia telah menjalankan rasa syukur atas nikmat Allah padanya.

2. Mendapat Rahmat

Dikutip dari pecihitam.org, orang yang membaca Surat Ar rahman akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, sebagaimana dalam hadis yang bersumber dari sahabat Ubay bin Kaab , Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang membaca Surat Ar-Rahman, maka Allah akan merahmati ketidakberdayaannya dan ia telah menunaikan syukur atas nikmat yang Allah berikan kepadanya. (HR. Baihaqi)

3. Dijadikan Ahli Surga Firdaus

Imam al-Baihaqi meriwayatkan hadits dari Aisyah ra, Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda Pembaca surat al-Hadiid, surat al-Waaqiah dan surat ar-Rahman diseru di alam Malakuut langit dan bumi dengan Penghuni Surga Firdaus. (HR. Al-Baihaqi).

4. Mahar Perkawinan

Syiab al-Iiman hadits riwayat dari sayyidina Ali ra, aku mendengar Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda Setiap sesuatu memiliki pengantin, dan pengantin Alquran adalah surat ar-Rahman (HR. Al-Baihaqi)

Menurut UAS, surat Ar Rahman ini juga bisa dijadikan mahar bagi orang yang akan menikah.

"Guru ngaji saya menjadikan surat Ar Rahman sebagai maskawin. Ini benar adanya dan kisah nyata. Jadi bagi laki-laki yang tidak mampu memberikan mahar uang atau materi lain bisa menjadikan surat Ar Rahman ini sebagai maskawin,\' katanya.

5. Pengantinnya Alquran

Surat Ar-Rahman adalah pengantinnya Al-Quran. Sebagaimana Surat Yasin yang disebut sebagai hati Al-Quran, maka Ar-Rahman adalah pengantinnya Al-Quran. Setiap sesuatu punya hati. Pun setiap sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman, sebagaimana sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Kitab Syuabul Iman

Segala sesuatu punya pengantin. Dan pengantin Al-Quran adalah Surat Ar-Rahman. (HR. Baihaqi)

Demikian pembahasan mengenai Surat Ar Rahman Ayat 55, Arab, Latin, Arti, dan Tafsir semoga bisa menambah rasa syukur kepada Allah SWT dan menjabi hamba-hamba yang pandai bersykur atas semua nikmat yang telah diberikan.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik