Harus Ada Dukungan SKPD Agar Desa Wanajaya Garut Lomba PKK Tingkat Provinsi Sukses

Harus Ada Dukungan SKPD Agar Desa Wanajaya Garut Lomba PKK Tingkat Provinsi Sukses

Terkini | garut.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 20:30
share

GARUT, iNewsGarut.id – Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Garut, mewakili 421 Desa dalam lomba Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Jawa Barat. Perlombaan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

Tentunya sangat ditunggu dukungan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dalam hal persiapan kekurangan -kekurangan untuk mengikuti lomba tersebut dan agar sukses saat pelaksanaannya nanti.

Sri Hartati sekretaris PKK Kabupaten Garut mengatakan, kegiatan ini ada banyak keterlibatan banyak SKPD terkait, karena PKK itu gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, jadi dinas sektor manapun juga akan mendukung kesejahteraan keluarga.

"Alhamdulillah di bulan Februari Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Pak Pj Bupati Garut. Dia mengintruksikan semua Dinas terkait untuk bisa mensukseskan kegiatan lomba ini sesuai dengan tupoksi Dinas masing-masing,"ungkapnya usai melaksanakan sosialisasi di Desa Wanajaya, Jum'at (19/4/2024).

Kemudian, kata Dia, tim penggerak PKK kabupaten juga rutin setiap seminggu sekali melaksanakan pembinaan di 5 poin lomba itu dan menyiapkan daftar hadir SKPD yang datang.

"Ini harus ada dukungan dari SKPD terkait, coba mana yang tidak mau SKPD yang keluarganya sejahtera. Semua SKPD juga memfokuskan mensejahterakan masyarakat, dan lini terkecilnya itu adalah keluarga,"ujarnya.

Menurutnya, jadi memang sebelum jatuh ke Desa Wanajaya, pihaknya terlebih dahulu melaksanakan survei atau evaluasi di 42 kecamatan. Ada plus minus kemudian mendatangi ke lokasi yang ditunjuk ada 3 atau 5 Desa.

 

Dari situ, imbuhnya, muncul Desa Wanajaya itu seperti ini, pertama antusias pembina tim penggerak PKK dalam hal ini Kepala Desa sangat mensupport kegiatan ini, kemudian ada plus nya begini salah satu Desa ini berprestasi di lomba harum madu meskipun juara kedua, tapi ada prestasi lainnya yang perlu di support dan kolaborasi dengan kegiatan PKK.

"Sebetulnya kegiatan PKK sama saja dengan kegiatan Desa mensejahterakan masyarakat, PKK mensejahterakan keluarga, jadi intinya sama,"ucapnya.

Sri berharap mudah-mudahan dengan semangat Kepala Desa dan semua SKPD terkait mendukung Desa Wanajaya bisa menjadi Desa kebanggaan Kabupaten Garut. 

"Juara kesatu sih ya Alhamdulillah, tapi menjadi kebanggaan dan inti dari lomba ini bukan juaranya tapi merubah perilaku masyarakat, juga keluarganya, dan PKK itu ingin mensejahterakan keluarga itu yang perlu Kita support,"imbuhnya.

Ada 5 poin dilombakan pada lomba tim penggerak PKK tingkat provinsi diantaranya lomba admnistrasi PKK, lomba Paredicekas (pola asuh anak dan remaja cegah kekerasan), lomba gelari pelangi ( gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi), loma Aku Hatinya PKK (amalkan, kukuhkan, halaman, teratur, indah, dan nyaman), lomba gagah bencana (gerakan keluarga sehat tanggap tangguh bencana).

Mekanisme lomba dengan mengirimkan profil 5 lomba itu dan video kegiatan. Jika video kegiatan itu terseleksi di tingkat provinsi menjadi 5 besar, kemudian baru di evaluasi ke tingkat lapangan. Dan profil tersebut harus masuk selambat-lambatnya di bulan Juni 2024 mendatang.

Topik Menarik