12 Wisata di Garut Instagramable Cocok Untuk Liburan Bareng Keluarga

12 Wisata di Garut Instagramable Cocok Untuk Liburan Bareng Keluarga

Terkini | garut.inews.id | Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:40
share

GARUT, iNewsGarut.id – Garut merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan kota intan dan kota dodol, Garut juga dikenal dengan julukan Swis Van Java, yang memiliki pesona alam nan indah salah satunya mempunyai segudang wisata, mulai dari wisata air panas, air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai.

Nah, tentunya ada beberapa wisata populer yang kerap dikunjungi para wisatawan jika berkunjung ke kota Garut yang menarik jadi rekomendasi cocok untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Berikut 12 wisata di Garut instagramable cocok untuk mengisi akhir pekan bareng keluarga : 

1. Batu Lempar

Wisata batu lempar merupakan wisata terbilang baru, berada di Godog, Kecamatan Karangpawitan, Garut. Wisata ini menyuguhkan pesona alam yang dikelilingi pohon pinus.

Saat ini wisata batu lempar sudah memiliki fasilitas pendukung seperti warung lesehan, warung jajanan, toilet, dan Musholla. Wisata ini tentunya memberikan kesan tersendiri dengan suasana alam yang sejuk dan indah dikelilingi pohon pinus yang rindang dan aliran sungai yang memanjakan wisatawan saat berada di wisata ini.

Konsep wisata batu lempar yakni wisata sambil camping, dan ada beberapa titik spot cocok untuk mengabadikan liburan anda bersama keluarga.

2. Garut Dinoland

Wisata Garut Dinoland bertema hewan purbakala dinosaurus pertama di Kabupaten Garut. Selain bisa melihat replika berbagai hewan dinosaurus, di wisata ini juga terdapat wahana lainnya diantaranya area dino Playground Dino, Outbound, flying fox, Dino dokar, dino ride, dino meet and greet, bioskop virtual, off road, ATV, game zone, dan wahana menarik lainnya.

Disana para wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan replika dinosaurus yang hidup dan bergerak, semua akan merasakan sensasi memasuki zaman purbakala, dan merasakan atmosfer yang pernah dirasakan mahluk -mahluk purba sebelum kepunahan mereka.

Nah ingin mencoba, anda bisa datang langsung ke Garut Dinoland yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Nikmati sensasi wisata ramah anak di Garut Dinoland.

3. Antapura Dhe Djati

Antapura Dhe Djati adalah wisata alam yang berkonsep agriculture pertanian dengan nuansa ubud Bali. Dan dilengkapi dengan fasilitas kuliner lengkap dan berkelas.

Wisata yang terletak di Kecamatan Cibiuk Garut ini wisata pertama yang memiliki konsep spot selfi, outbound, pesawahan, dan alam Jawa Barat. 

Memiliki pesawahan yang asri dan dilengkapi pemandangan hijau yang membentang. Tak lupa dilengkapi fasilitas resto dan cafe Coffee bernuansa Ubud Bali yang memiliki daya tarik tersendiri.

 

Bukan hanya itu saja, ada wahana lainnya seperti spot foto terbaik di Garut, semua ada di Antapura Dhe Djati. Juga ada beberapa wahana permainan yang bisa kamu coba diantaranya rainbow slide, ayunan big swing, sepeda gantung, atau spot foto yang instagramable banget.

4. Agro Wisata Tepas Papandayan

Agro wisata tepas Papandayan adalah objek wisata yang bisa terbilang baru, wisata ini memadukan pemandian air panas dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan gunung Cikuray, apalagi datang di waktu pagi dan sore hari untuk melihat sunrise dan sunset.

Wisata utama Agro Wisata Tepas Papandayan adalah kolam rendam air panas yang bergaya invinit pool sehingga pemandangan terlihat jelas. Selain itu, ada berbagai aktivitas lain yang bisa kamu lakukan.

Diatas area kolam kamu akan menemukan area rerumputan yang luas dan sudah ada beberapa tenda yang telah disediakan. 

Ada juga resto yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Wisata ini terletak di Kecamatan Cisurupan, Garut. Cocok untuk menikmati akhir pekan bareng keluarga.

5. Darajat Pass

Jalan-jalan ke Garut belum lengkap jika tidak berkunjung ke Darajat Pass. Wisata ini tepat sekali untuk kamu menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga.

Berada di Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Garut, wisata ini terbilang lengkap, mulai dari pemandangan yang sejuk, kolam air panas, water park, outbound, hingga tempat penginapan untuk para pengunjung.

Jika sudah bosan bermain air, darajat pass juga menyediakan area bermain yang jauh lebih seru dan menantang yaitu area outbound. Fasilitas outbound disini juga lengkap baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Buat pengunjung yang lapar sehabis berenang di kolam air panas maupun outbound, kalian akan menemukan rumah makan yang terletak di kawasan yang sama.

 

6. Kebun Naga Poernama

Kebun naga Poernama terletak di Kecamatan Bayongbong, Garut, adalah perkebunan buah naga pertama yang ada di dataran tinggi. Berada di ketinggian 1800 mdpl. Kami gunung Cikuray memberikan suasana yang sejuk serta menampilkan panorama bukit pegunungan di sekitar kebun.

Perkebunan Naga Poernama memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk berwisata maupun edukasi. Selain untuk proses produksi buah naga, terdapat juga lambu-lambu yang menjadi daya tarik wisatawan, melihat pemandangan di sore hari menjelang malam.

Tidak hanya itu, Kebun Naga Poernama ini memiliki fasilitas lengkap seperti area taman untuk Camping Ground, Gathering, Wedding, Villa, toilet, musholla, dan resto.

7. Binar Alam View

Bagi pecinta hiburan mencari tempat bersantai yang menawarkan berbagai fasilitas lengkap, wisata Binar Alam View adalah pilihan wisata yang sempurna.

Destinasi ini telah menyatukan kolam renang menarik dan taman piknik yang indah. Selain itu, wisata alam binar alam view menyediakan tempat makan yang lezat, tempat karaoke yang seru, area lesehan yang nyaman, kolam ikan menyenangkan, dan penginapan yang nyaman.

Terdapat juga spot-spot foto yang Instagramable, dan pesona alam yang menyejukkan dalam satu resort. Salah satu daya tarik wisata yang berada di Desa Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Garut,ini adalah kolam renangnya yang luas dan lengkap pengunjung bisa memilih sesuai dengan keinginannya.

8. Situ Bagendit

Wisata ini sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan, Situ Bagendit adalah wisata legenda di Kabupaten Garut. Pada tahun 2022 lalu wisata ini direnovasi besar-besaran. Saat ini di objek wisata yang berada di Kecamatan Banyuresmi, Garut, pengunjung disuguhkan dengan spot foto yang menarik dengan pemandangan danau di sekelilingnya.

Selain itu, kamu bisa juga mengelilingi danau dengan menggunakan perahu rakit atau perahu angsa sambil menikmati pemandangan alam nan sejuk dan indah.

Adanya banyak spot foto, maka tak heran kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung untuk menikmati libur bareng keluarga.

9. Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah salah satu pantai populer yang berada di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini tempat berkumpulnya para nelayan tradisional dan juga dermaga kapal ikan.

Pantai Santolo dikenal dengan garis pantai yang panjang memiliki pasir putih yang halus dan bersih. Pantai satu ini dikelilingi bukit hijau serta pemandangan tumpukan batu karang. Air di kawasan bibir pantai termasuk dangkal dan tenang, cukup aman untuk kamu yang ingin berenang.

 

10. Talaga Bodas

Garut menjadi salah satu daerah yang banyak dikelilingi pegunungan. Salah satunya ada gunung Talaga Bodas yang merupakan wisata hit dengan view yang sangat indah.

Berada di Kecamatan Wanaraja, Garut, wisata ini menawarkan kecantikan alam yang memikat hati para wisatawan. Udaranya yang sejuk dan menyegarkan mata dengan panorama yang cantik.

Kicauan burung dan nyanyian alam yang merdu memanjakan kamu dan para wisatawan. Wisata Talaga Bodas tak kalah bagus dan tak kalah cantik dengan wisata Garut lainnya.

Disamping menikmati alam pegunungan, ada beberapa tempat yang memanjakan pengunjung, diantaranya camping area, kulinernya, oleh-oleh ciri khas Jawa Barat, dan kolam renang air hangat.

11. Agrowisata Eptilu

Tak ada habisnya jika berbicara tempat wisata yang ada di Garut. Kali ini ada wisata yang menyuguhkan alam sambil bertani serasa di kebun milik sendiri.

Tempatnya agro wisata Eptilu yang berada di Kecamatan Cikajang. Suasana indah dan menyenangkan semakin terasa ketika menginjakkan kaki di wisata ini. Lokasinya yang berada di kaki gunung Cikuray membuat udara sejuk terasa disana.

Tempat wisata dengan luas sekitar 5 hektar ini menyajikan liburan tak biasa, salah satu keunggulan agro wisata eptilu ialah siapapun yang datang kesana akan diajari berbagai ilmu pertanian dan memetik buah langsung dari kebunnya.

12. Curug Sanghyang Taraje

Berasa di tengah suasana alam merupakan aktivitas pelipur lelah yang tak pernah membosankan. Siapa yang tak suka dengan keteduhan pepohonan, suara sungai, dan hewan-hewan serta udara yang sejuk.

Apalagi kondisi alam disana sangat asri, seperti di Curug Sanghyang Taraje yang terletak di Garut Jawa Barat. Air terjun tersembunyi di sebuah Desa di Pekenjeng dilingkupi bukit -bukit hijau, air terjun ini seolah dibingkai menjadi sebuah lukisan alam yang cantik.

Kecantikannya memang sangat cocok sebagai tujuan rekreasi, baik sendiri maupun dengan orang-orang terkasih.

Itulah 12 wisata di Kabupaten Garut yang Instagramable dan cocok untuk menikmati liburan bareng keluarga. 

Topik Menarik