Mudik Lebaran, Motor dan Truk Barang Bakal Dipisahkan saat Menyeberang ke Sumatera

Mudik Lebaran, Motor dan Truk Barang Bakal Dipisahkan saat Menyeberang ke Sumatera

Terkini | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:22
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan pihaknya telah mengevaluasi mudik Lebaran 2023. Hasilnya, truk barang akan dipisahkan dari sepeda motor saat menyeberang dari Jawa ke Sumatera.

Aan mengatakan, kebijakan itu untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, saat mudik lebaran 2024 berlangsung.

"Jadi evaluasi tahun lalu untuk kendaraan truk angkutan barang termasuk sumbu tiga ke atas dikecualikan akan kita arahkan ke Pelabuhan BBJ yang ada di Bojonegara. Jadi, tidak dicampur dengan sepeda motor," kata Aan kepada wartawan, dikutip Jumat (29/3/2024).

Aan menjelaskan, berdasarkan pengalaman Lebaran 2023, Pelabuhan Ciwandan Banten menjadi evaluasi Polri.

"Tahun lalu memang menjadi evaluasi kita di Ciwandan tejadi antrean yang cukup panjang untuk angkutan barang. Tahun ini untuk barang khusus itu ke BBJ (Pelabuhan Bakau Bandar Jaya)," ucapnya.

Adapun 70 unit kapal feri bakal beroperasi di Pelabuhan Merak, Banten, pada arus mudik dan balik Lebaran 2024. Jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak merupakan akumulasi dari kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan operator swasta.

Di (Pelabuhan) Merak ini ada sekitar 70-an kapal yang siap beroperasi di sana. Tapi ini bukan semua milik ASDP, ujar Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin dalam sesi wawancara dengan IDX Channel, Senin (25/3/2024).

Total kapal feri milik ASDP yang akan beroperasi sebanyak 225 unit, jumlah tersebut tersebar di seluruh pelabuhan penyeberangan yang dikelola perseroan.

Topik Menarik