Sri Mulyani Sharing bareng Menkeu Selandia Baru Bahas Cara Kelola Keuangan hingga Energi Terbarukan

Sri Mulyani Sharing bareng Menkeu Selandia Baru Bahas Cara Kelola Keuangan hingga Energi Terbarukan

Ekonomi | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani bertukar pikiran dengan Menteri Keuangan Selandia Baru Nicola Willis. Hal itu dilakukan di sela-sela agenda di Amerika Serikat pada Kamis (18/4/2024).

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku sangat senang bisa berbagi pengalaman dalam mengelola keuangan. Terlebih ada banyak ilmu yang didapat dari pembicaraan tersebut.

“Senang sekali kemarin sore saya bisa menyempatkan diri berbincang langsung dengan Menteri Keuangannya Nicola Willis. Kami saling berbagi pengalaman dalam mengelola keuangan di negara masing-masing dan juga sedikit membahas mekanisme transisi energi di Indonesia – termasuk bagaimana nantinya kita bisa belajar banyak tentang renewable energy di Selandia Baru,” tulisnya di akun Instagram dikutip Jumat (19/4/2024).

Menurut Sri Mulyani, APBN milik Selandia Baru dirancang mulai 1 Juli hingga 30 Juni di tahun berikutnya. Hal ini berbeda dengan Indonesia yang dimulai dari 1 Januari sampai 31 Desember.

“Sedikit berbeda dengan #APBNKiTa. Tahun fiskal di Selandia Baru dimulai pada 1 Juli dan berakhir 30 Juni tahun berikutnya. Sehingga, bulan-bulan ini menjadi waktu yang sangat sibuk bagi Willis dalam menyusun APBN-nya,” tuturnya.

Selain sharing pengalaman mengelola keuangan, kata Sri Mulyani, Willis juga bercerita soal upaya meningkatkan kapasitas perdagangan dengan Indonesia hingga dua kali lipat. Tak cuma itu, Selandia Baru juga mendukung pengembangan industri pengolahan susu dalam negeri.

“Tentu ini merupakan hal yang sangat positif. Perdagangan antardua negara bukan menjadi suatu kompetisi tapi justru saling melengkapi,” ucapnya.

Topik Menarik