Perusahaan Malaysia dan Jerman Sampaikan Minat Investasi di IKN

Perusahaan Malaysia dan Jerman Sampaikan Minat Investasi di IKN

Ekonomi | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 14:52
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan sejumlah nama-nama calon investor asing yang telah mengajukan Letter of Intent (LoI) atau surat minat berinvestasi ke proyek ibu kota baru. LoI tersebut seperti yang disampaikan oleh beberapa perusahaan asal Malaysia dan Jerman.

"Saat ini Malaysia telah menambah LoI mereka kepada kita, yang mana menjadi negara asing terbanyak yang memberikan LoI," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam keterangannya, Rabu (2/5/2024).

Agung menambahkan, Malaysia setidaknya menambah tiga LoI dari perusahaan yang berbeda untuk berinvestasi ke IKN. Ketiga perusahaan tersebut adalah Seven Seasons Preservation Sdn Bhd, Citadel Group Sdn Bhd, dan Ranhill Utilities Berhad.

Masing-masing bergerak di bidang yang berbeda, yaitu Seven Seasons Preservation merupakan perusahaan energi berkelanjutan, Citadel Group adalah perusahaan pendanaan, dan Ranhill Utilities merupakan perusahaan penyedia suplai air.

Selain Malaysia, beberapa perusahaan asal Jerman juga turut menyampaikan LoI ke Otorita IKN. Jerman sendiri rencananya akan mengerjakan proyek untuk membangun kantor perwakilan diplomatik di IKN.

"Perusahaan-perusahaan besar Jerman seperti Siemens dan Commerzbank beserta lembaga pembiayaan dari Jerman seperti KfW, GIZ, maupun kredit ekspor juga sangat tertarik dalam diskusi saat kunjungan," ucap Agung.

Menurutnya, saat ini Siemens berkeinginan untuk menjajaki kerja sama dalam bidang energi hijau dan penyediaan kabel transmisi di IKN. Siemens sendiri merupakan perusahaan elektronik asal Jerman.

Topik Menarik