Sri Mulyani dan Airlangga Bertemu Bos OECD di Paris, Apa yang Dibahas?

Sri Mulyani dan Airlangga Bertemu Bos OECD di Paris, Apa yang Dibahas?

Ekonomi | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 21:00
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann. Pertemuan itu dilakukan di kantor OECD di Paris, Prancis.

Menurut Sri Mulyani, pertemuan itu membahas proses masuknya Indonesia menjadi anggota penuh OECD. Hal ini ditandai dengan Pertemuan Tingkat Menteri OECD.

"Pembahasan mengenai proses aksesi Indonesia menjadi anggota penuh OECD yang secara formal dimulai hari ini melalui Pertemuan Tingkat Menteri OECD dipimpin oleh PM Jepang Fumio Kisida," tulis Sri Mulyani di akun Instagramnya, Kamis (2/5/2024).

Proses aksesi OECD, kata Sri Mulyani, merupakan wujud negara-negara yang memiliki persamaan pemikiran (like minded) berdasarkan demokrasi, kebebasan individu, penghormatan hak asasi manusia dan sistem pasar terbuka.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan bahwa prinsip OECD, yakni better policy for better society selaras dengan pembangunan fondasi Indonesia. Di mana Indonesia selalu ingin maju mencapai negara berpendapatan tinggi sesuai amanat konstitusi.

"Proses keanggotaan Indonesia di dalam OECD akan membawa manfaat baik bagi Indonesia dan OECD itu sendiri," ujar dia.

Topik Menarik