Kuota Penukaran Uang Baru BI di Istora Senayan Full! Ini Solusinya

Kuota Penukaran Uang Baru BI di Istora Senayan Full! Ini Solusinya

Ekonomi | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 12:04
share

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) bersama 16 perbankan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu mulai hari ini, Kamis (28/3/2024) sampai dengan Minggu (31/3/2024) di Istora Senayan, Jakarta. Namun, kuota di aplikasi PINTAR telah penuh.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim per hari kouta penukaran hanya untuk 5.000 orang. Namun, kuota telah penuh sampai dengan hari terakhir. 

Maka dari itu, ia mengatakan masyarakat bisa manfaatkan layanan datang langsung ke lokasi (go show). 

“Namun demikian, sekiranya uang kita masih mencukupi masyarakat yang belum sempat memasuki aplikasi pintar dan go show kita layanin dengan semaksimal mungkin sepanjang persedian uang kita masih ada,” kata Marlison di tempat penukaran uang BI Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2024). 

Untuk kuota go show sendiri, pihak BI belum bisa sebutkan karena ketersediaan uang tergantung pada nanti saat penukaran. 

“Misal kita siapin paket Rp4 juta perorang kan ada yang nuker cuman Rp2 juta, Rp1 juta, kaya gitu. Sisa-sisa itu yang kita pergunakan untuk go show,” tutur Marlison. 

“Pengalaman kami yang go show yang bisa kita layani hampir 40-50 persen itu yang bisa kita layani,” imbuhnya. 

Adapun BI menegaskan saat go show masyarakat akan tetap diarahkan mengisi aplikasi PINTAR agar terlihat berapa orang dan jumlah penukaran. Jika go show dibiarkan nanti bisa terjadi antara uang dan orang tidak mencukupi. 

“Sekarang juga berdasarkan pengalman bagi mereka yang sudah menukar kita kasih tanda juga sudah melakukan penukaran agar tidak 2 kali 3kali gitu,” ujarnya. 

Bukan dibatasi, BI memandang aspek pemerataan supaya sebagian besar masyarakat bisa teprenuhi kebutuhan uangnya tadi.

Topik Menarik