Kemenperin Dukung Peningkatan Daya Saing Pelaku IKM Gorontalo

Kemenperin Dukung Peningkatan Daya Saing Pelaku IKM Gorontalo

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 6 Juni 2022 - 15:31
share

GORONTALO, iNews.id - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka mendukung peningkatan daya saing IKM motor modifikasi becak motor di Gorontalo. Dukungan dilakukan melalui penguatan kompetensi SDM di bidang pengelasan.

Hal tersebut dilakukan melalui pelaksanaan bimbingan teknis bersama Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, yakni SDM IKM mendapatkan pembekalan teori pengelasan, dan melakukan praktik pengelasan yang sesuai dengan standar yang ada.

Direktur Industri Kecil, Menengah dan Aneka (LMA), Dini Hanggandari di Gorontalo mengatakan Ditjen IKMA juga memberi perhatian terhadap pentingnya perizinan usaha bagi IKM.

Karena izin usaha merupakan pengakuan yang sah secara hukum, menjadi kelengkapan dokumen untuk bisa mendapatkan akses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan dan juga fasilitas pembinaan dari Pemerintah.

Kami juga terus melakukan koordinasi dan sinergi pembinaan dengan berbagai pihak, pemerintah daerah, asosiasi, akademisi, dan pelaku usaha) dalam mewujudkan program pembinaan yang terarah, berkelanjutan dan tepat sasaran bagi IKM, ucapnya, Senin (6/6/2022).

Ia mengungkapkan, aktivitas masyarakat yang kini berangsur pulih akibat pandemi Covid-19 dapat menggerakkan kembali aktivitas produksi salah satu angkutan umum yang menjadi ciri khas Gorontalo, yaitu bentor.

Sepeda motor yang dimodifikasi dengan menambahkan tempat duduk penumpang ini hadir dari tangan terampil para SDM IKM motor modifikasi di bidang pengelasan. Karenanya, perkembangan dan peningkatan kualitas SDM IKM yang membuat bentor di Gorontalo perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak terkait.

Dengan memperhatikan fungsi serta beban penumpang, SDM IKM harus mengutamakan faktor keselamatan dalam pembuatan tempat duduk bentor. Ini berarti, tahap rancang bangun dan proses perakitan melalui proses pengelasan yang dilakukan oleh SDM IKM menjadi krusial.

Sehingga dibutuhkan SDM IKM yang berkompeten agar menghasilkan produk bentor yang berkualitas, kata dia.

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan itu merupakan kesempatan baik bagi para SDM IKM di bidang pengelasan khususnya IKM pembuatan dan reparasi bentor di Gorontalo untuk bisa meningkatkan kompetensi sekaligus mendukung upaya dalam memberikan jaminan kualitas produk kepada konsumen.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan itu, diharapkan dapat dilakukan sertifikasi SKKNI di tahun anggaran mendatang bagi peserta yang memenuhi kriteria seleksi.

Untuk itu, kami berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, katanya berharap.

Topik Menarik