Ini Daftar Prodi di Unpad yang Punya Akreditasi Internasional

Ini Daftar Prodi di Unpad yang Punya Akreditasi Internasional

Terkini | cimahi.inews.id | Kamis, 25 April 2024 - 08:40
share

BANDUNG, iNewsCimahi.id - Dalam upaya meningkatkan rekognisi global, Universitas Padjadjaran terus mendorong seluruh program studinya mendapat pengakuan internasional. Salah satu yang dilakukan adalah mendapatkan sertifikat akreditasi internasional untuk program studi. 

Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengatakan, perolehan akreditasi internasional bertujuan untuk meningkatkan mutu program studi dalam upaya mewujudkan Unpad sebagai universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat. 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, Unpad telah mencanangkan perolehan akreditasi internasional untuk 43 program studi. Akreditasi internasional tersebut dipersiapkan di antaranya untuk lembaga Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN), Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS), dan Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). 

 

Proses ini berbuah hasil. Sejak 2021, berbagai program studi di Unpad telah berhasil memperoleh akreditasi internasional. Berikut daftar program studi yang telah meraih sertifikat internasional.

 

Fakultas Hukum 

FH Universitas Padjadjaran berhasil meraih akreditasi internasional untuk tiga program studi dari lembaga akreditasi internasional FIBAA pada 22 Maret 2023 lalu. Akreditasi internasional dari lembaga akreditasi bergengsi di Eropa itu diperoleh untuk program studi Sarjana Ilmu Hukum, Magister Ilmu Hukum, dan Doktor Ilmu Hukum. 

Perolehan akreditasi ini menjadikan tiga program studi FH Unpad tersebut secara internasional sejajar dengan berbagai Fakultas Hukum terbaik di Indonesia, bahkan hingga di Eropa, Asia, dan Timur Tengah. 

 


Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Empat belas program studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universias Padjadjaran berhasil meraih akreditasi internasional dari lembaga FIBAA dengan predikat “Accredited without Conditions” yang berlaku mulai dari 6 Maret 2024 – 5 Maret 2029. 

 

Empat belas program studi tersebut, yaitu Sarjana Akuntansi, Sarjana Ilmu Ekonomi, Sarjana Manajemen, Sarjana Ekonomi Islam, Bisnis Digital, Akuntansi, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Ekonomi Terapan, Magister Manajemen, Magister Ilmu Manajemen, Magister Manajemen Keuangan Mikro Terpadu, Doktor Ilmu Akuntansi, Doktor Ilmu Ekonomi, dan Doktor Ilmu Manajemen. 

 

Sebelumnya, pada 2020, 14 prodi FEB Unpad juga telah berhasil memperoleh sertifikasi akreditasi internasional dari “The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization” atau ABEST21. 

 

Fakultas MIPA

Program Studi Kimia Unpad menjadi prodi perdana FMIPA Unpad yang mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga akreditasi khusus bidang kimia “Royal Society of Chemistry” (RSC), Selasa (26/10/2021) lalu dari laman resmi Unpad.

 

RSC sendiri merupakan satu-satunya lembaga global yang melakukan akreditasi khusus untuk bidang kimia. Dengan perolehan akreditasi ini, ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh Kimia Unpad, salah satunya lulusannya bisa diakui secara internasional. 

 

Selain itu, dua prodi ketetknikan FMIPA, Teknik Informatika dan Teknik Elektro, berhasil memperoleh Provisionally Accredited dari lembaga akreditasi internasional bidang keteknikan “Indonesia Accreditation Board for Engineering Education” atau “IABEE” yang berbasis di Indonesia pada 2023 lalu. 

 

Fakultas Psikologi

Empat program studi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga FIBAA, Senin (2/10/2023) lalu. Empat prodi tersebut, yaitu: Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Magister Profesi Psikologi, dan Doktor Psikologi. Empat prodi tersebut berhasil meraih akreditasi berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan secara luring pada 20 – 21 Juni 2023 lalu. 

 

FIBAA merupakan lembaga yang khusus melakukan akreditasi untuk bidang ilmu sosiohumaniora. Meskipun bidang ilmu psikologi di Unpad masuk ke rumpun kesehatan, di tingkat Kementerian, bidang ilmu ini tetap masuk ke dalam rumpun sosiohumaniora. 

 

Fakultas Peternakan

Sebanyak tiga program studi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi ASIIN yang berbasis di Jerman. Tiga prodi tersebut, yaitu Sarjana Peternakan, Sarjana Peternakan Kampus Pangandaran, dan Program Doktor Peternakan. 

 

ASIIN sendiri merupakan lembaga akreditasi non-profit untuk bidang ilmu keteknikan, informatika, ilmu alam, dan matematika. Lembaga ini telah teregistrasi The European Quality Assurance Register for Higher Education (EQAR) dan juga diakui oleh Kemendikbudristek. Hal ini yang mendorong Fapet Unpad untuk mengajukan perolehan akreditasi dari ASIIN. 

 

Fakultas Ilmu Komunikasi

Tujuh program studi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi internasional Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study Programs (AQAS) yang berbasis di Jerman. Akreditasi tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil pertemuan AQAS Standing Commission yang digelar pada 4 Desember 2023 lalu. 

 

Tujuh program studi Fikom Unpad yang terakreditasi internasional AQAS, yaitu Sarjana Ilmu Komunikasi, Perpustakaan dan Sains Informasi, Hubungan Masyarakat, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, Magister Ilmu Komunikasi, dan Doktor Ilmu Komunikasi. 

 

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Lima program studi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran berhasil meraih akreditasi internasional ASIIN yang berbasis di Jerman. Lima prodi tersebut, yaitu: Perikanan, Ilmu Kelautan, Perikanan Kampus Pangandaran, Magister Ilmu Perikanan, dan Magister Konservasi Laut. Lima prodi tersebut telah menjalani visitasi akreditasi internasional secara daring pada 23 – 29 September 2022. 

 

Selain itu, Program Studi Ilmu Kelautan juga berhasil memperoleh akreditasi internasional dari The Institute of Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST) yang berbasis di Inggris. Akreditasi ini diberikan selama tiga tahun ke depan terhitung sejak Mei 2023. IMarEST yang merupakan sebuah lembaga yang terkemuka di dunia kelautan, memberikan pengakuan atas keunggulan dan standar kualitas yang tinggi dalam bidang ilmu kelautan. 

 

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

Sejak 2022, Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad berhasil meraih sertifikat ISO 21001: 2018 dari British Standard Institution. Standar ISO 21001 merupakan standar yang secara khusus berbicara mengenai sistem manajemen pendidikan. Standar ini menjamin layanan pendidikan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pengguna, dalam hal ini adalah mahasiswa, serta kebutuhan mitra dan sesuai dengan standar yang ditetapkan kementerian, universitas, ataupun yang ditetapkan FTIP sendiri. 

 

Kemudian pada 31 Maret 2024 lalu, Prodi Sarjana Teknik Pertanian Unpad berhasil mendapat status “Provisionally Accredited” dalam disiplin “Agricultural and/or Bio-Systems Engineering in Bachelor Programs” dari lembaga akreditasi internasional bidang keteknikan “Indonesia Accreditation Board for Engineering Education” atau “IABEE”. 

 

Fakultas Farmasi

Lima program studi di Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih akreditasi internasional ASIIN pada awal April 2022 lalu. Kelima prodi tersebut, yaitu Sarjana Farmasi, Profesi Apoteker, Magister Farmasi, Magister Farmasi Klinis, dan Doktor Farmasi. 

Fakultas Teknik Geologi

Prodi Sarjana Teknik Geologi Unpad berhasil mendapat status “Provisionally Accredited” dalam disiplin “Earth and Energy Engineering Programs” dari lembaga akreditasi internasional bidang keteknikan “Indonesia Accreditation Board for Engineering Education” atau “IABEE”. Informasi mengenai data akreditasi program studi di Unpad bisa lihat di laman Akreditasi unpad.ac.id/akreditasi. 

Topik Menarik