Ericsson Bakal PHK 1.200 Karyawan untuk Pengurangan Biaya

Ericsson Bakal PHK 1.200 Karyawan untuk Pengurangan Biaya

Berita Utama | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 06:05
share

KOPENHAGEN, iNews.id - Perusahaan telekomunikasi dan jaringan multinasional, Ericsson menyampaikan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 1.200 karyawan di Swedia. Hal ini merupakan bagian dari langkah-langkah pengurangan biaya ketika pelanggan mengurangi pengeluaran mereka untuk peralatan 5G.

Setelah memangkas ribuan pekerja tahun lalu, pemasok peralatan telekomunikasi dari Finlandia, Nokia memperkirakan tahun 2024 akan tetap penuh tantangan karena penjualan peralatan 5G melambat di Amerika Utara dan juga diperkirakan akan turun dari rekor tertinggi di India.

Mengutip Reuters, manajemen Ericsson mengatakan pada bulan Januari bahwa pihaknya mungkin akan mempertimbangkan pengurangan biaya lebih lanjut pada tahun ini termasuk PHK karyawan. Namun, perusahaan belum memberikan angka spesifik.

Mengutip negosiasi yang sedang berlangsung dengan serikat pekerja, perusahaan tersebut pada hari Senin menolak memberikan angka berapa banyak uang tunai yang dapat dihemat dengan mengurangi karyawan.

“Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Ericsson memperkirakan pasar jaringan seluler akan penuh tantangan pada tahun 2024, dengan kontraksi volume lebih lanjut karena pelanggan tetap berhati-hati,” tulis manajemen Ericsson dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan akan melanjutkan inisiatif untuk meningkatkan efisiensi operasional selama tahun 2024, dan tidak akan membuat pernyataan terpisah mengenai hal tersebut.

Ericsson menyebut, inisiatif penghematan biaya termasuk mengurangi jumlah konsultan, menyederhanakan proses dan mengurangi fasilitas.

Menurut laporan tahunan, Ericsson diketahui memiliki hampir 100.000 karyawan pada akhir tahun lalu.

Topik Menarik